Info Lengkap Apa yang Dimaksud PBI JK dan Bagaimana Cara Mendapatkannya

- 28 Juni 2023, 19:03 WIB
Info Lengkap Apa yang Dimaksud PBI JK dan Bagaimana Cara Mendapatkannya
Info Lengkap Apa yang Dimaksud PBI JK dan Bagaimana Cara Mendapatkannya /Dok. Humas Kemensos/

INFOTEMANGGUNG.COM - Bagi kalian rakyat Indonesia yang ingin informasi mengenai apa yang dimaksud PBI JK dan bagaimana cara mendapatkannya, kalian berada pada tempat yang tepat untuk mendapatkan informasi mengenainya.

 

Menjawab apa yang dimaksud PBI JK dan bagaimana cara mendapatkannya, PBI JK merupakan singkatan dari Penerima Bantuan Iuran Jaminan Kesehatan. Nah sudah agak lebih jelas bukan setelah mengetahui singkatan PBI JK?

Baca Juga: Cara Cek Daftar Nama Penerima Bantuan 600 Ribu, Bansos Kemensos Apa Saja yang Mungkin Didapat?

Bantuan ini bukan merupakan bantuan yang berupa uang tunai yang diberikan langsung kepada masyarakat, melainkan berupa bantuan iuran kesehatan yang disalurkan melalui kemensos (Kementerian Sosial) dan dibayarkan langsung kepada BPJS Kesehatan.

Kalau begini enak bukan, penerima tidak akan telat bayar BPJS Kesehatan dan terhindar dari dendanya bila tiba-tiba harus rawat inap.

Siapa sajakah yang berhak menjadi peserta BPJS PBI? Dijelaskan di atas bahwa mereka yang jadi peserta Penerima Bantuan Iuran BPJS ialah masyarakat yang kurang mampu, fakir miskin, dan lain sebagainya.

Bansos PBI JK ialah singkatan dari Bantuan Sosial Penerima Bantuan Iuran Jaminan Kesehatan. Artinya, bansos yang diberikan oleh pemerintah ini ditujukan untuk bidang kesehatan. Sesuai dalam Undang-undang Sistem Jaminan Sosial Nasional, Bansos PBI JK hanya ditujukan kepada masyarakat yang kurang mampu dan fakir miskin.

Penting untuk kalian diketahui, bantuan PBI JK tidak bisa dicairkan secara tunai melainkan hanya bisa dipakai untuk mendapatkan layanan kesehatan gratis lewat BPJS.

Halaman:

Editor: Mariyani Soetrisno

Sumber: Kemensos


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x