Yuk Cari Tahu tentang Sorgum! Tanaman Serbaguna Pengganti Beras yang Memiliki Banyak Nutrisi

- 18 November 2022, 21:41 WIB
Yuk Cari Tahu tentang Sorgum! Tanaman Serbaguna Pengganti Beras yang Memiliki Banyak Nutrisi
Yuk Cari Tahu tentang Sorgum! Tanaman Serbaguna Pengganti Beras yang Memiliki Banyak Nutrisi /Good Doctor/

INFOTEMANGGUNG.COM - Sebagian besar orang Indonesia pasti belum pernah mendengar tanaman Sorgum. Sorgum ialah tanaman unggul bernutrisi tinggi yang digadang-gadang bisa menggantkan beras.

Tanaman ini dipercaya bisa menggantikan posisi beras sebagai bahan baku utama pangan sehari-hari lho. Selain itu, Sorgum dipercaya bisa dijadikan bahan pakan ternak serta bahan baku industri.

Namun, sebenarnya, Sorgum itu tanaman apa sih? Yuk, kita cari tahu lebih dalam tanaman Sorgum.

Mengenal Sorgum

Sorgum merupakan salah satu tanaman serbaguna yang masih berada dalam keluarga biji-bijian atau serealia yang dipercaya dapat menjadi salah satu sumber pangan, bahan baku industri, hingga pakan ternak. 

Baca Juga: Dunia Ramen: Ayo Kenali Berbagai Kata Terkait Ramen; Immi, Senpai, Deigo, Ichiraku dan Kanbe

Tanaman ini menjadi salah satu makanan pokok yang berasal dari tanah Afrika, dimana Sorgum dipercaya tahan dalam suhu panas dan juga kering. Oleh sebab itu, tanaman ini bisa bertahan hidup walaupun hanya diberi sedikit air. 

Sorgum mulai dikenal sejak tahun 2017 dan ditemukan tumbuh subur di tanah NTT. Bahkan tanaman ini dikatakan menjadi salah satu bahan pokok makanan untuk masyarakat disana. 

Melihat besarnya potensi dari tanaman ini, Presiden Jokowi mulai mendorong Kadin (Kamar Dagang dan Industri Indonesia) untuk membudidayakan serta mengembangkan tanaman ini.

Dengan budi daya lebih serius, impor gandum bisa ditekan, serta Indonesia keluar dari ketergantungan impor bahan pokok tersebut. 

Halaman:

Editor: Rian Dwi Atmoko

Sumber: www.litbang.pertanian.go.id


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x