7 Cara untuk Mencintai Produk dalam Negeri di Kehidupan Sehari-hari

- 4 November 2022, 15:06 WIB
Cara untuk Mencintai Produk dalam Negeri dalam Kehidupan Sehari-hari
Cara untuk Mencintai Produk dalam Negeri dalam Kehidupan Sehari-hari /Pexels.com/ Moujahed Jouini/

INFOTEMANGGUNG.COM- Bagaimana cara untuk mencintai produk dalam negeri dalam kehidupan sehari-hari? Mengapa ini penting untuk dilakukan oleh setiap warga negara Indonesia di tengah arus globalisasi yang terjadi sekarang ini?

Pertanyaan ini lahir dari kecemasan atau kekhawatiran sejumlah pihak terkait dampak buruk globalisasi terhadap perekonomian negeri. Khususnya terkait terbukanya pasar bebas yang akhirnya membuat persaingan pasar sangat tinggi.

Hal tersebut sangat membahayakan bagi pengusaha lokal, terlebih yang belum mampu untuk bersaing, khususnya dari segi kuantitas produksi.

Baca Juga: Apa Itu Usaha Ekonomi Perorangan? Berikut Pengertian, Jenis, dan Contohnya

Terkait dengan itu, Kementerian Koperasi dan UKM pun telah melakukan upaya perlindungan pada usaha lokal. Salah satunya dengan menetapkan aturan larang terhadap produk crossborder tertentu untuk dijual di Indonesia.

Guna mendukung hal itu, maka penting bagi kita sebagai warga negara untuk turut menjaga kelestarian pengusaha lokal dengan menerapkan sejumlah cara untuk mencintai produk dalam negeri dalam kehidupan sehari-hari.

7 Cara untuk Mencintai Produk dalam Negeri di Kehidupan Sehari-hari

Guna mendukung upaya pemerintah dalam melestarikan keberadaan pengusaha lokal di tengah arus globalisasi, maka sebenarnya banyak cara untuk mencintai produk dalam negeri di kehidupan sehari-hari yang bisa diterapkan.

Baca Juga: Cara Mendapat Bantuan UMKM 2022 BPUM Mengacu Peraturan Menteri Koperasi dan UKM Nomor 2 Tahun 2021

Semisal dengan menjalankan 7 cara untuk mencintai produk dalam negeri di kehidupan sehari-hari yang sederhana di bawah ini:

Halaman:

Editor: Rian Dwi Atmoko

Sumber: Kementerian Koperasi dan UKM


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah