7 Cara Memulai Bisnis Startup Lengkap dari Menemukan Ide Hingga Eksekusi

- 6 Juli 2022, 18:21 WIB
cara memulai bisnis startup
cara memulai bisnis startup /Steve Buissinne /

INFOTEMANGGUN.COM - Beberapa tahun ke belakang, bisnis startup telah menjadi tren dan gengsi, utamanya di kalangan anak muda. Tidak mengherankan jika kemudian banyak orang yang ingin tahu cara memulai bisnis startup dan langkah-langkah prosesnya.

Startup sendiri secara harfiah merupakan bisnis yang masih baru baik secara inovasi dan usia, sehingga dapat terus berkembang seiring zaman. 

Agar lebih jelas, langsung saja beralih ke penjelasan di bawah ini tentang tujuh tahapan memulai bisnis startup agar dapat bersaing di pasaran.

1. Membuat konsep ide bisnis

Seperti kata Plato bahwa “ide mendahului realitas”, maka tahapan paling awal dalam memulai bisnis startup adalah menemukan idenya. 

Baca Juga: Syarat dan Cara Mengajukan Bantuan Modal Usaha ke BAZNAS dari Awal Sampai Akhir

Calon pebisnis harus membuat konsep mengenai fokus usahanya, seperti bergerak di bidang apa, macam produk yang dihasilkan, proses produksi, pemasaran, dll.

Dalam membuat konsep ide bisnis, hindari menjiplak yang sudah ada atau serta merta mengikuti tren yang sedang populer saja. Coba munculkan ide-ide yang lebih segar dan dapat menarik minat konsumen nantinya.

2. Menganalisis peluang dan target pasar

Berbicara mengenai konsumen, target untuk pemasaran produk pun harus dianalisis. Jangan khawatir bahwa produk tidak akan laku karena belum ada permintaan sekarang ini. 

Nyatanya, pasar dapat diciptakan sendiri oleh si pebisnis jika cukup kreatif. Tentunya harus dengan cara yang baik dan bukannya membodohi.

Halaman:

Editor: Siti Juniafi Maulidiyah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x