Syarat dan Cara Mengajukan Bantuan Modal Usaha ke BAZNAS dari Awal Sampai Akhir

- 25 Mei 2022, 21:18 WIB
Cara mengajukan bantuan modal usaha ke BAZNAS dengan mudah dan cepat
Cara mengajukan bantuan modal usaha ke BAZNAS dengan mudah dan cepat /George Dolgikh/

InfoTemanggung.com - BAZNAS atau Badan Amil Zakat Nasional tidak hanya berperan dalam mengumpulkan zakat. Namun BAZNAS juga bertugas untuk menyalurkan dana yang telah dikumpulkan ke beberapa sektor. Salah satunya adalah memberikan modal usaha kepada UMKM. Cara mengajukan bantuan modal usaha ke BAZNAS ini mudah.

Namun untuk UMKM yang diberikan bantuan ini adalah UMKM yang masih kesulitan dalam menjalankan usahanya terutama karena kekurangan modal. Tujuannya gara UMKM yang ada di indonesia bisa semakin berkembang. Untuk mengajukan bantuan modal ini pahami juga beberapa syarat yang diperlukan, seperti di bawah ini:

Syarat Mengajukan Bantuan Usaha ke BAZNAS

BAZNAS memiliki beberapa program bantuan seperti bantuan usaha produktif, beasiswa, biaya pembangunan masjid dan sebagainya. Untuk mengajukan bantuan usaha ke BAZNAS terdapat beberapa syarat yang harus disiapkan terlebih dahulu. Selengkapnya simak syaratnya berikut ini:

Baca Juga: 2 Cara Mencairkan Limit Akulaku Ke OVO Dimajin Mudah dan Cepat!

  • Membuat rincian biaya modal.
  • Membuat perkiraan keuntungan usaha yang dijalankan.
  • Menyiapkan fotokopi Kartu Tanda Penduduk.
  • Menyiapkan fotokopi Kartu Keluarga.
  • Surat keterangan dari ketua RT/lurah atau kepala desa.

Cara Mengajukan Bantuan Usaha ke BAZNAS

Apabila ingin mengajukan bantuan modal ke BAZNAS sebaiknya pelajari mekanisme mengajukan bantuan modal usaha ke BAZNAS dari awal hingga akhir. Sebagai informasi tambahan dana yang disediakan oleh BAZNAS ini terbatas. Dengan demikian tidak semua UMKM bisa mendapatkan bantuan.

Untuk satu kecamatan BAZNAS hanya menyediakan kuota sebanyak 7 pengajuan modal usaha. Agar bisa mendapatkan bantuan ini terdapat beberapa prosedur yang harus dijalani. Berikut ini adalah cara mengajukan bantuan modal usaha ke BAZNAS yang harus dilakukan:

Baca Juga: 5 Cara Mendapatkan Beasiswa ke Luar Negeri, Yuk Lakukan agar Impian Terkabul!

  • Mengunjungi petugas BAZNAS setempat untuk mengetahui informasi terbaru mengenai bantuan usaha dari BAZNAS.
  • Setelah itu membuat proposal pengajuan dana yang berisi rincian usaha yang dijalankan atau usaha yang rencananya akan dijalankan. Pada syarat pengajuan modal usaha tidak diberitahukan ketentuan lama usaha.
  • Apabila sudah memiliki usaha berikan detail usaha dengan melampirkan foto-foto usaha yang dijalankan.
  • Setelah itu membuat surat pernyataan bahwa tidak akan menjalankan usaha yang menggunakan riba.
  • Kemudian kumpulkan semua dokumen dan syarat yang diperlukan ke kantor BAZNAS terdekat. Pastikan semua persyaratan sudah lengkap.
  • Kemudian tunggu proses pengecekan dan jua verifikasi yang akan dilakukan oleh pihak BAZNAS.
  • Apabila pengajuan modal usaha disetujui maka akan dilanjut dengan membuat surat perjanjian dan tanda tangan serah terima.

Baca Juga: Cara Cek Kesehatan Baterai Xiaomi Agar Tetap Optimal, Pengguna Xiaomi Merapat!

Itu tadi adalah cara mengajukan bantuan modal usaha ke BAZNAS. Modal usaha dari BAZNAS adalah bantuan usaha tanpa bunga dan tanpa pengembalian dana. Namun pemilik usaha harus memberikan laporan secara berkala kepada BAZNAS mengenai usaha yang dijalankan.

Editor: Siti Juniafi Maulidiyah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x