Mengapa Bank Dunia Diperlukan padahal pada Faktanya di Setiap Negara telah Memiliki Banyak Sektor Perbankan

- 6 Juli 2023, 14:07 WIB
mengapa bank dunia diperlukan padahal pada faktanya di setiap negara telah memiliki banyak sektor perbankan yang dapat menopang dan mode penggerak ekonomi di masing-masing negara
mengapa bank dunia diperlukan padahal pada faktanya di setiap negara telah memiliki banyak sektor perbankan yang dapat menopang dan mode penggerak ekonomi di masing-masing negara /odishabhaskar.in/

INFOTEMANGGUNG.COM - Menurut anda apakah yang menjadi latar belakang dibentuknya bank dunia? Mengapa bank dunia diperlukan padahal pada faktanya di setiap negara telah memiliki banyak sektor perbankan yang dapat menopang dan mode penggerak ekonomi di masing-masing negara? Simak pembahasannya sampai akhir ya.

Bank Dunia, atau secara resmi dikenal sebagai Grup Bank Dunia, adalah sebuah lembaga organisasi Internasional yang didirikan untuk membantu dan mengatasi tantangan pembangunan di berbagai negara di seluruh dunia, serta membantu dalam pengentasan kemiskinan di seluruh dunia.

Bank Dunia terdiri dari dua lembaga utama, yaitu Bank Dunia (World Bank) dan Dana Moneter Internasional (International Monetary Fund/IMF).

Didirikan atas beberapa alasan yang mendasari kebutuhan akan lembaga ini. Salah satunya bertujuan untuk mengurangi kemiskinan dan meningkatkan pembangunan ekonomi di negara-negara anggotanya melalui penyediaan pinjaman, bantuan teknis, dan dukungan kebijakan.

Baca Juga: Omzet Jutaan Modal Kecil-Kecilan, Ini Bisnis Rumahan Kekinian dengan Untung Menjanjikan Tahun 2023

Meskipun di setiap negara terdapat banyak sektor perbankan yang dapat menopang dan mendorong pertumbuhan ekonomi, Bank Dunia tetap memiliki peran yang penting dan relevan dalam konteks global sebagai penggerak ekonomi dunia.

Alasan Didirikan dan Dibentuknya Bank Dunia

1. Pembangunan Pasca Perang Dunia II

Setelah Perang Dunia II, banyak negara mengalami kehancuran infrastruktur dan ekonomi yang parah. Dibutuhkan bantuan internasional untuk memulihkan perekonomian negara-negara yang terkena dampak perang. Akhirnya Bank Dunia didirikan pada tahun 1944, sebagai tanggapan terhadap kebutuhan pemulihan pasca perang.

Tujuan utamanya adalah memberikan pinjaman jangka panjang kepada negara-negara yang terkena dampak perang, yang memungkinkan mereka untuk membangun kembali infrastruktur, mengembangkan sektor pertanian, dan memulihkan ekonomi mereka secara keseluruhan.

2. Penanggulangan Kemiskinan

Salah satu tujuan utama Bank Dunia adalah mengurangi kemiskinan di seluruh dunia. Bank Dunia memberikan pinjaman dan bantuan kepada negara-negara yang mengalami masalah kemiskinan yang signifikan.

Halaman:

Editor: Kun Daniel Chandra

Sumber: Beragam Sumber


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x