Latar Belakang dibentuknya Bank Dunia, Simak Penjelasan Lengkapnya Di Sini

- 4 Juli 2023, 15:11 WIB
Latar Belakang dibentuknya Bank Dunia, Simak Penjelasan Lengkapnya Di Sini
Latar Belakang dibentuknya Bank Dunia, Simak Penjelasan Lengkapnya Di Sini /pexels.com/david mcbee/

INFOTEMANGGUNG.COM - Bank Dunia, biasa juga dikenal dengan sebutan World Bank. Apa yang menjadi latar belakang dibentuknya bank dunia? Yuk simak pembahasannya di sini sampai akhir.

Bank Dunia, atau yang secara resmi dikenal sebagai Bank Internasional untuk Rekonstruksi dan Pembangunan (BIRP), adalah salah satu lembaga keuangan internasional yang paling berpengaruh di dunia.

Dibentuk pada tahun 1944, Bank Dunia telah memainkan peran penting dalam pembangunan ekonomi global dan mengurangi kemiskinan di negara-negara berkembang.

Untuk memahami latar belakang terbentuknya Bank Dunia, kita perlu melihat sejarahnya dan tantangan ekonomi yang dihadapi dunia pada saat itu.

Baca Juga: Pengertian dan Cara Menentukan Titik Keseimbangan Permintaan dan Penawaran Dalam Ekonomi

Setelah berakhirnya Perang Dunia II, banyak negara di Eropa dan Asia menghadapi kerusakan parah akibat konflik tersebut.

Negara-negara ini membutuhkan bantuan finansial dan teknis untuk memulihkan ekonomi mereka. Selain itu, negara-negara tersebut juga mengalami ketidakstabilan ekonomi, pengangguran massal, dan masalah sosial yang memprihatinkan.

Untuk mengatasi tantangan-tantangan ini, pemimpin dari 44 negara berkumpul pada Konferensi Bretton Woods yang diadakan di New Hampshire, Amerika Serikat, pada bulan Juli 1944.

Tujuan utama Konferensi Bretton Woods adalah untuk menciptakan kerangka kerja keuangan internasional yang baru setelah perang. Salah satu hasil yang paling signifikan dari konferensi ini adalah pembentukan Bank Dunia.

Halaman:

Editor: Kun Daniel Chandra

Sumber: Berbagai Sumber


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x