Prinsip yang Dipegang Teguh dalam Usaha Perbankan, Hal Krusial untuk Masyarakat

- 24 Januari 2023, 14:39 WIB
Prinsip yang Dipegang Teguh dalam Usaha Perbankan adalah …
Prinsip yang Dipegang Teguh dalam Usaha Perbankan adalah … /pexels.com/Maitree Rimthong/

INFOTEMANGGUNG.COM – Prinsip yang dipegang teguh dalam usaha perbankan merupakan hal-hal yang mendasari kegiatan perbankan itu sendiri.

Perbankan adalah segala hal yang berkaitan dengan bank, baik sebagai lembaga, kegiatan usaha, atau pelayanan publik. Dalam hal ini adalah pengelolaan uang, pendanaan, investasi, dan hal lain yang berhubungan dengan uang.

Terdapat empat prinsip yang dipegang teguh dalam usaha perbankan yaitu:

Baca Juga: Konsep Stabilitas Sistem Keuangan Dalam Dunia Ekonomi Yang Wajib Anda Pahami

 

1. Kepercayaan (Fiduciary Principle)

Karena mengelola barang milik orang lain, dalam hal ini uang, maka setiap bank harus dapat menjaga dan memelihara kepercayaan yang diberikan para nasabahnya. Beberapa tindakan yang dilakukan antara lain:

  • Melaksanakan setiap transaksi dengan teliti dan hati-hati.
  • Memberikan informasi transparan mengenai adanya risiko yang mungkin terjadi dengan menyimpan atau menyerahkan pengelolaan uang di bank.

2. Kehati-hatian (Prudential Principle)

Perbankan melakukan pekerjaannya dengan melakukan prosedur yang telah diuji dan diperhitungkan. Itu sebabnya semua transaksi dilakukan sesuai aturan dan hukum yang berlaku di dunia perbankan.

Dengan patuh pada aturan dan hukum yang berlaku, bank tidak akan terlubat masalah seperti ketidakjujuran, penyalahgunaan dana, dan hal lain sejenisnya. Karena semua hal tersebut bisa mempengaruhi kepercayaan masyarakat pada bank tersebut.

Halaman:

Editor: Siti Juniafi Maulidiyah

Sumber: kelaspintar.id


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x