Ketahui Cara Menentukan Gaji Karyawan untuk Usaha Kecil

- 3 Januari 2023, 22:14 WIB
Cara Menentukan Gaji Karyawan untuk Usaha Kecil
Cara Menentukan Gaji Karyawan untuk Usaha Kecil /Pexels.com / Andrea Piacquadio/

INFOTEMANGGUNG.COM - Pemberian gaji merupakan aspek krusial dalam menjalankan sebuah usaha. Banyak orang belum memahami cara menentukan gaji karyawan untuk usaha kecil sehingga seringkali bermasalah dengan karyawannya. Pemilik usaha wajib tahu jika memberikan gaji pun tidak sembarangan.

Aturan Tentang Pemberian Gaji Karyawan Usaha Kecil

Ada aturan yang diberlakukan untuk memastikan karyawan mendapatkan hasil yang layak. Sebenarnya, pemerintah juga mengatur gaji untuk karyawan dalam usaha kecil.

Berdasarkan PP Pengupahan nomor 36 pada 2021, ada beberapa poin penting yang perlu diperhatikan:

  • Tidak diwajibkan untuk menerapkan upah minimum. Namun paling sedikit adalah 50% dari rerata konsumsi masyarakat di tingkat provinsi.
  • Paling sedikit harus mencapai 25% lebih tinggi dari garis kemiskinan pada tingkat provinsi.
  • Pemberian gaji juga boleh ditetapkan sesuai dengan kesepakatan pengusaha dengan pekerjanya.

Berdasarkan aturan tersebut, terlihat bahwa penggajian karyawan usaha kecil pun tetap perlu dilakukan sesuai pertimbangan tertentu.

Untuk mendapatkan informasi tentang rata-rata konsumsi serta garis kemiskinan, bisa dilihat dari data lembaga berwenang bidang statistik.

Jadi dengan berpatokan pada aturan tersebut, cara menentukan gaji karyawan untuk usaha kecil bisa lebih terarah. Tidak ada ketentuan besaran upah spesifik, namun bisa disesuaikan dengan aturan pemerintah maupun kesepakatan bersama.

Cara untuk Menentukan Gaji Karyawan

Sebelumnya telah dibahas bahwa penggajian dalam usaha kecil dapat dilakukan sesuai ketetapan yang berlaku dan kesepakatan. Berikutnya pengusaha bisa melakukan beberapa tips berikut sehingga dapat menentukan gaji yang tepat:

1. Melakukan Riset Upah

Lakukan riset gaji terlebih dahulu. Carilah informasi tentang gaji sebuah profesi serta membandingkannya dengan gaji dari profesi serupa.

Dengan melakukan penelitian kecil-kecilan ini, pemilik usaha dapat mengetahui pengalaman, kualifikasi, serta keterampilan yang diharapkan.

Halaman:

Editor: Siti Juniafi Maulidiyah

Sumber: Berbagai Sumber


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x