Denica Riadini-Flesch, Kepedulian dan Perhatiannya Mengobati Nusantara

- 23 Desember 2022, 19:01 WIB
Denica Riadini-Flesch, Kepedulian dan Perhatiannya Mengobati Nusantara
Denica Riadini-Flesch, Kepedulian dan Perhatiannya Mengobati Nusantara /Instagram @denicaflesch/

INFOTEMANGGUNG.COM - Bumi Nusantara tidak baik-baik saja. Citarum ialah sungai paling kotor di dunia. Industri tekstil-lah penyebab utamanya. Denica Riadini-Flesch peduli dan memperhatikan hal ini. Usahanya mengobati Indonesia layak diapresiasi.

Ia mendefinisikan dirinya sebagai kutu buku yang peduli. Denica mendirikan industri fashion berlabel Sukkhacitta yang ramah lingkungan. Tentu saja perjalanannya tidak mudah.

Lewat halaman Instagramnya dia mengutarakan satu hal, bahwa dunia terobsesi dengan hasil, yaitu apa yang dimiliki seseorang, siapa yang mereka kenal, apa yang telah mereka capai, singkatnya, seberapa sukses mereka.

Itu sangat bisa mengecilkan hati. Denica tahu alasannya, jika kita mencari hasil instan, akan sangat sakit saat kita mengalami kesulitan dan kekecewaan.

Sobatku, proses ialah bagian penting dari perjalanan untuk membikin dunia ini berbeda dan bermakna.

Baca Juga: Cerita Inspiratif: Oprah Winfrey Mengubah Latar Belakang Kelam Jadi Kesuksesan

Denica mengaku dalam perjalanannya memulai dan mengembangkan SukkhaCitta, rasa takut selalu mendampingnya. Musik keras ialah upayanya menghilangkan suara hati yang kejam yang mengatakan bahwa dia tidak tahu apa yang sedang dia lakukan.

Denica mempedulikan sungai Citarum tercemar, bahwa Indonesia mengimpor kapas sebagai bahan baku industri, bahwa para buruh tekstil dibayar di bawah UMR.

Denica mempelajari ilmu ekonomi. Ia paham semuanya harus dibikin homogen dan lebih murah. Tapi banyak biaya tersembunyi di balik harga tekstil yang lebih murah. Tercemarnya Sungai Citarum ialah salah satunya. Itu karena manusia ingin memakai fashion yang lebih berwarna.

Halaman:

Editor: Siti Juniafi Maulidiyah

Sumber: Instagram @denicaflesch


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x