Empat Jenis Risiko Keuangan Lengkap dengan Tips Mengelolanya

- 23 Desember 2022, 15:53 WIB
Empat Jenis Risiko Keuangan Lengkap dengan Tips Mengelolanya
Empat Jenis Risiko Keuangan Lengkap dengan Tips Mengelolanya /Tangkap layar djkn.kemenkeu.go.id/

INFOTEMANGGUNG.COM – Dalam mengelola keuangan, ada empat jenis risiko keuangan yang perlu mendapatkan pertimbangan lebih.

Risiko ini memiliki potensi membuat sebagian atau bahkan seluruh dana atau asset kekayaan yang dimiliki lenyap. Banyak situasi yang mungkin tidak terduga yang bisa menyebabkan hal ini terjadi. Itulah pentingnya memahami hal ini.

Empat Jenis Risiko

Sebenarnya dalam kehidupan sehari-hari orang menghadapi keempat jenis risiko keuangan ini. Namun besar kecilnya memiliki pengaruh apakah akan berdampak besar atau tidak.

Baca Juga: Apa Yang Dimaksud Dengan Tolak Ukur Dalam Bisnis? Simak Penjelasannya!

1. Risiko Pendapatan

Sebagai salah satu sumber utama keuangan seseorang, sebenarnya ini menjadikannya risiko yang besar. Contohnya adalah kehilangan pekerjaan atau PHK, terjadi cacat fisik yang menyebabkan tidak mampu bekerja lagi, atau bahkan kematian.

2. Risiko Pengeluaran

Untuk memebuhi kebutuhan tentunya ada pengeluaran yang terjadi. Biaya ini bisa menjadi risiko jika tidak dikelola dengan benar. Seringkali terjadi pengeluaran lebih besar daripada pendapatan.

3. Risiko Aset dan Investasi

Memiliki asset dan investasi memang diperlukan karena bisa berfungsi sebagai tabungan atau cadangan dana untuk mengatasi hal-hal yang tidak diinginkan. Namun dalam prosesnya bisa terjadi risiko juga.

Baca Juga: 5 Sistem Utama Jaminan Sosial yang Berlaku di Indonesia, Ini Penjelasannya

Misalnya melakukan investasi yang tidak tepat sehingga malah merugi, kehilangan asset karena rusak atau dicuri, inflasi, penyusutan nilai asset, dan banyak lagi.

Halaman:

Editor: Kun Daniel Chandra

Sumber: Rangkulteman.id


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x