5 Tips Jitu Untuk Mengatur Keuangan Menjelang Masa Sulit 2023

- 16 November 2022, 21:47 WIB
Tips Jitu Untuk Mengatur Keuangan Menjelang Masa Sulit 2023
Tips Jitu Untuk Mengatur Keuangan Menjelang Masa Sulit 2023 /Pexels.com / Kuncheek/

INFOTEMANGGUNG.COM - Maraknya kenaikan harga, membuat harga kebutuhan pokok semakin melonjak tinggi. Pengaturan keuangan sangat diperlukan agar pendapatan yang kamu miliki dapat terkontrol dengan baik. Berikut 5 tips jitu untuk mengatur keuangan.

Tahun 2023 diramalkan ialah masa sulit bagi perekonomian dunia, karena itu, ditengah gempuran zaman sulit seperti sekarang ini, skill atau kemampuan mengatur keuangan sangat dibutuhkan sekali, khususnya bagi para pemuda yang sedang meniti karier dari bawah. 

Baca Juga: Apa Itu G20? Sejak Kapan Indonesia Menjadi Bagian dari Forum Tersebut? Simak Penjelasannya Disini!

Berikut ini, ada 5 tips jitu untuk mengatur keuangan yang bisa kamu ikuti agar dapat mengontrol serta mengatur keuanganmu:

1. Buat Catatan Pemasukan serta Pengeluaran

Membuat catatan pemasukan dan pengeluaran ini sangat dibutuhkan meskipun kamu hidup seorang diri. Catatan kas ini dapat membantumu untuk mengontrol dan memprioritaskan mana yang perlu di dahulukan, serta mana yang harus dihapus dari daftar pengeluaran bulanan kamu.

Biasakan untuk menyisihkan uang untuk kebutuhan primer terlebih dahulu. Misalnya saja untuk membayar Listrik, Air, uang kost (jika tinggal seorang diri), serta kebutuhan primer lain seperti makan dan transportasi. 

2. Biasakan Gunakan Uang Tunai

Hal selanjutnya yang harus kamu lakukan ialah menggunakan serta menyediakan uang tunai. Hal ini sangat perlu dilakukan agar kamu terhindar dari pemakaian uang secara berlebih, atau tergiur dengan iming-iming jasa paylater.

Selain itu, dengan menggunakan uang tunai, Kamu bisa menentukan untuk memenuhi kebutuhan terlebih dahulu daripada keinginan. 

3. Jangan Bersikap Hedon

Jika kamu masih memiliki penghasilan dibawah 10 juta, ada baiknya untuk sadar diri dengan tidak mengikuti perkembangan mode fashion dan teknologi serta tidak bersikap hedon.

Halaman:

Editor: Rian Dwi Atmoko

Sumber: cimbniaga.co.id


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x