Ternyata Begini Strategi Shopee hingga Jadi E-Commerce Terbesar di Indonesia

- 16 Juni 2022, 20:10 WIB
Kantor Shopee di Singapura.
Kantor Shopee di Singapura. /Reuters//Edgar Su/

InfoTemanggung.com - Shopee jadi platform toko online terpopuler di Indonesia tahun 2021 berdasar hasil riset Snapcart. Kesuksesan Shopee mengalahkan Lazada dan Tokopedia tentu bukan tanpa sebab. Apa saja strategi yang telah dilakukan Shopee?

Shopee memang telah menggunakan beragam strategi untuk memikat para pembelanja online, baik sebagai pembeli maupun penjual. Apakah strategi Shopee ini cukup gampang ditiru?

Tokopedia sendiri telah ada sejak tahun 2009.  Lazada didirikan tiga tahun setelahnya. Shopee sendiri memang muncul paling belakang yaitu akhir tahun 2015.

Baca Juga: Cara agar Shopee Paylater Muncul, Sudah Tahu?

Selama kemunculannya, Shopee ternyata mampu bertahan bahkan bersaing dengan Tokopedia dan Lazada. Ini strateginya:

1. Memakai teknik pemasaran unik

Semua pasti pernah mendengar jingle lagu Shopee yang memakai nada lagu populer Baby Shark. Jadi cara Shopee ialah memanfaatkan hal yang sedang viral dalam memasarkan merknya. Dengan demikian banyak masyarakat yang tadinya tidak mengenal Shopee jadi aware terhadap Shopee.

Iklan Shopee itu memang mengambil strategi isi iklan telah diketahui banyak orang, gampang diingat dan  orang yang mengingatnya tidak perlu berpikir panjang.

2. Menggunakan media tepat

Sejak pertama muncul, Shopee membuat bisnisnya berfokus pada pemakai aplikasi ponsel. Shopee jadi dikenal menjadi pelopor berbelanja memakai ponsel. Ini strategi yang tepat sebab pemakai ponsel di tanah air berkembang paling pesat di Asia Tenggara.

Baca Juga: Cara Menghubungkan Akulaku ke Shopee Tanpa Ribet

Halaman:

Editor: Siti Juniafi Maulidiyah

Sumber: Lifepal.co.id


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x