Mengenal Produk Kerajinan Tembaga dan Kuningan Boyolali yang Mendunia

- 10 Juni 2022, 23:05 WIB
Kerajinan Tembaga dan Kuningan Boyolali
Kerajinan Tembaga dan Kuningan Boyolali /Rumah Tembaga

InfoTemanggung.com - Kerajinan tembaga dan kuningan Boyolali menawarkan berbagai macam produk handmade yang kini sudah mendunia.

Kedua material ini mampu memberikan nilai seni yang tinggi di setiap kerajinan yang dihasilkan. Jika dilihat secara sekilas, baik tembaga maupun kuningan memang terlihat sangat mirip.

Namun, keduanya adalah material logam yang berbeda. Meskipun begitu, kualitas dari tembaga dan kuningan bukanlah hal yang patut untuk diragukan.

Sebab material ini terbukti memiliki berbagai keunggulan tidak terkecuali pada keawetannya. Sehingga bukan sekedar menawarkan nilai seni yang tinggi saja.

Kabupaten Boyolali sendiri menjadi daerah yang sangat terkenal sebagai kawasan sentra kerajinan tembaga serta kuningan.

Hasil dari kerajinan material tersebut, juga sudah tidak perlu dipertanyakan lagi. Berikut penjelasan terkait Boyolali yang menjadi sentra produk tembaga dan kuningan terbaik hingga saat ini:

Boyolali Menjadi Pusat Kerajinan Tembaga & Kuningan

Ada daerah di Jawa Tengah yang menjadi pusat dari kerajinan tembaga dan kuningan terbaik, yaitu Boyolali. Apabila berkunjung ke kabupaten Boyolali, maka akan ditemukan salah satu desa yang menjadi pusat kerajinan material logam ini. Desa tersebut adalah desa Tumang yang ada di Cepogo, Boyolali.

Di desa ini, akan terlihat berbagai rumah penduduk yang menjadi tempat dibuatnya berbagai produk dari tembaga dan kuningan.

Ada berbagai macam produk yang mampu dihasilkan, seperti lampu, kubah masjid, patung, hiasan dinding dan lainnya. Menariknya, hampir semua produk tersebut mampu menembus pasar dunia.

Halaman:

Editor: Rian Dwi Atmoko

Sumber: Berbagai Sumber


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x