6 Penyebab Yang Melatarbelakangi Sebuah Perusahaan Mengalami Risiko Likuiditas

- 30 Juni 2023, 22:46 WIB
Seringkali kita membaca atau mendengar di media massa bahwa suatu perusahaan mengalami kebangkrutan
Seringkali kita membaca atau mendengar di media massa bahwa suatu perusahaan mengalami kebangkrutan /

INFOTEMANGGUNG.COM - Seringkali kita membaca atau mendengar di media massa bahwa suatu perusahaan mengalami kebangkrutan. Salah satu sebab yang mungkin terjadi adalah kondisi keuangan yang tidak likuid.

 

Risiko likuiditas dapat muncul dalam berbagai situasi, termasuk ketika perusahaan mengalami penurunan penjualan, menghadapi defisit kas, tidak dapat mengumpulkan piutang dengan cepat, memiliki struktur modal yang tidak seimbang, atau menghadapi kondisi pasar yang tidak menguntungkan.

Baca Juga: Pengertian dan Contoh Skema Pembelajaran Terpadu Horizontal Dengan Tema Pemandangan

Pada artikel ini akan dijelaskan sebab-sebab yang melatarbelakangi sebuah perusahaan mengalami risiko likuiditas.

Pengertian Resiko Likuiditas

Risiko likuiditas adalah risiko yang timbul ketika sebuah entitas, seperti perusahaan atau lembaga keuangan, menghadapi kesulitan dalam memenuhi kewajiban keuangannya yang jatuh tempo.

Risiko ini terkait dengan ketersediaan dan kelancaran kas atau aset yang dapat dengan cepat diubah menjadi kas untuk memenuhi kewajiban finansial yang harus dibayar.

Dalam konteks perusahaan, risiko likuiditas muncul ketika perusahaan tidak memiliki cukup arus kas yang cukup atau aset yang dapat dicairkan dengan cepat untuk memenuhi kewajiban pembayaran yang jatuh tempo, seperti membayar gaji karyawan, melunasi utang, atau memenuhi kewajiban operasional lainnya.

Halaman:

Editor: Maria Stefania Tahik

Sumber: Berbagai Sumber


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x