Berbagai Produk Bank Konvensional dan Bank Syariah, Inilah Penjelasannya

- 20 Mei 2023, 13:43 WIB
Berbagai Produk Bank Konvensional dan Bank Syariah, Inilah Penjelasannya
Berbagai Produk Bank Konvensional dan Bank Syariah, Inilah Penjelasannya /Pexels.com / jace miller/

INFOTEMANGGUNG.COM - Usaha perbankan bukan lagi hal asing di Indonesia. Dari masyarakat kalangan atas sampai bawah menggunakan produk dari bank.

Dalam menjalankan aktivitas usaha, sistem operasional perbankan di Indonesia dibagi menjadi dua. Yaitu bank konvensional dan bank syariah.

Masing-masing bank seringkali mengalami perbandingan dalam produknya. Bank adalah badan usaha yang menjalankan bisnisnya dengan menghimpun dana simpanan dari masyarakat dan menyalurkannya kembali dengan tujuan untuk meningkatkan taraf kesejahteraan masyarakat.

Baca Juga: M Banking BCA Harus Registrasi Ulang, Ini Cara Mengatasinya, Mesti Registrasi Ulang di ATM BCA atau ke Cabang?

Perbankan sendiri didefinisikan sebagai setiap hal yang berkaitan dengan bank, melingkupi kelembagaan, kegiatan usaha serta proses yang menyertainya.

Bank konvensional merupakan bank yang dalam menjalankan aktivitas usahanya secara konvensional. Sedangkan bank syariah didefinisikan sebagai bank yang menjalankan kegiatan usahanya berdasarkan hukum-hukum Islam.

Produk Penghimpun Dana Bank Konvensional dan Bank Syariah

Sebenarnya beberapa bentuk  produk penghimpun dana yang dijalankan keduanya sama, menghimpun dana dari masyarakat dalam bentuk tabungan, giro dan deposito.

1. Tabungan

Tabungan ialah simpanan pada bank yang dalam penarikannya hanya dapat dilakukan dengan syarat tertentu, tidak bisa ditarik menggunakan cek, bilyet giro dan alat sejenis. Produk ini ditawarkan kepada masyarakat yang memiliki keinginan untuk menabung uang.

Halaman:

Editor: Kun Daniel Chandra

Sumber: cimbniaga.co.id jurnal.ensiklopediaku.org


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x