Berapa UMK Kota Magelang Tahun 2023? Ini Informasi Lengkapnya

- 14 Desember 2022, 12:47 WIB
Upah Minimum Kabupaten (UMK) Kota Magelang Tahun 2023
Upah Minimum Kabupaten (UMK) Kota Magelang Tahun 2023 /Pexels.com / Fox/

INFOTEMANGGUNG.COM - Pembahasan ini akan mengulas pertanyaan berapa UMK Kabupaten Temanggung di tahun 2023. Simak Informasi selengkapnya dengan penjelasan apa itu UMK.

Upah Minimum Kabupaten ialah jumlah uang minimum yang harus dibayarkan kepada seorang pekerja untuk pekerjaan yang telah dilakukan di dalam sebuah kabupaten. 

Upah minimum ini ditetapkan oleh pemerintah kabupaten untuk menjamin bahwa pekerja di wilayah tersebut memperoleh gaji yang layak. 

UMK ini tentunya berbeda-beda di setiap kabupaten, tergantung dengan kondisi perekonomian dan tingkat kemajuan wilayah itu.

Baca Juga: Lowongan Kerja Magang Terbaru November 2022 Area Jabodetabek, Cocok Untuk Mahasiswa!

Upah minimum kabupaten ditetapkan oleh pemerintah kabupaten melalui kebijakan yang dibuat oleh lembaga-lembaga terkait, seperti Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi atau Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda). 

Aturan tentang upah minimum kabupaten biasanya tercantum dalam peraturan daerah (perda) yang ditetapkan oleh pemerintah kabupaten.

UMK tentu harus memenuhi syarat-syarat yang telah ditetapkan oleh pemerintah pusat, misalnya berdasarkan hasil kesepakatan antara pemerintah, pengusaha, dan serikat pekerja, maupun memperhatikan kondisi lapangan pekerjaan di kabupaten tersebut. 

UMK juga harus memenuhi standar-standar kesejahteraan minimum yang ditetapkan oleh pemerintah, seperti standar gaji, tunjangan, dan lainnya.

Halaman:

Editor: Rian Dwi Atmoko

Sumber: Berbagai Sumber


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah