Berikut Alasan Badan Usaha Merupakan Sesuatu yang Penting Bagi Perekonomian di Indonesia

- 16 November 2022, 19:48 WIB
Berikut Alasan Badan Usaha Merupakan Sesuatu yang Penting Bagi Perekonomian di Indonesia
Berikut Alasan Badan Usaha Merupakan Sesuatu yang Penting Bagi Perekonomian di Indonesia /pexels/timamiroshnichenko

INFOTEMANGGUNG.COM – Sebuah pertanyaan badan usaha merupakan sesuatu yang penting bagi perekonomian akan terjawab dalam artikel ini.

Sebuah pertanyaan refleksi yang akan ditanyakan kepada siswa kelas 11 SMA tersebut, dijelaskan bahwa badan usaha merupakan sesuatu yang penting bagi perekonomian di Indonesia.

Seperti yang diketahui, di Indonesia memiliki beberapa jenis badan usaha yang penting bagi perekonomian, antara lain BUMN, BUMD, danBUMS.

Pengertian badan usaha secara umum

Setiap masyarakat yang hidup memiliki kebutuhan primer maupun sekunder. Tak ayal kebutuhan hidup pastinya diperlukan bagi para pemangku kebijakan, dalam hal ini adalah pemerintah.

Baca Juga: List Formasi Rekrutan Kementrian Perhubungan yang Dibuka pada PPPK 2022 Tenaga Kesehatan

Barang maupun jasa yang peroleh oleh manusia tersebut didapatkan melalui hasil badan usaha yang dimiliki tiap-tiap instansi. Sehingga sangatlah penting perannya badan usaha tersebut dalam menopang perekonomian nasional.

Badan usaha juga sering disebut sebagai kesatuan yudiris, teknis dan ekonomis yang dimana tujuannya ialah untuk mencari sebuah keuntungan.

Penyebutan kata yuridis digunakan sebagai badan usaha karena mereka sudah memiliki badan hukum, sedangkan untuk penyebutan ekonomis digunakan karena faktor-faktor produksi yang terdiri atas sumber daya alam, modal, dan tenaga kerja yang digabungkan untuk mengambil laba atau memberikan pelayanan kepada masyarakat.

Baca Juga: Cara Mengisi OVO Lewat M Banking BCA dan Klik BCA

Halaman:

Editor: Jati Kuncoro

Sumber: sumber.belajar.kemdikbud.go.id


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x