Memulai Bisnis Ayam Petelur Rumahan dengan 5 Langkah Mudah, Dijamin Pasti Cuan

- 6 Juli 2022, 15:50 WIB
bisnis ayam petelur rumahan
bisnis ayam petelur rumahan /kabar-priangan.com/Nanang Sutisna /

INFOTEMANGGUNG.COM - Bisnis ayam petelur rumahan banyak digandrungi dewasa ini karena peluang profitnya yang cukup menggiurkan. Dibanding ayam pedaging, bisnis ayam petelur dinilai lebih minim risiko dan cocok untuk pemula, apalagi yang tidak punya kandang atau lahan luas.

Meski terbilang cukup sederhana dan tidak butuh modal besar, nyatanya memulai bisnis tetap tidak mudah.

Untuk itu, artikel ini akan menyajikan panduan untuk memulai bisnis ayam petelur rumahan, khususnya bagi pemula. Langsung saja simak baik-baik langkah demi langkahnya di bawah ini.

1. Lakukan riset pasar dan konsumen

Riset merupakan poin terpenting yang harus dilakukan sebelum memulai bisnis apapun, baik bagi pemula maupun yang sudah veteran sekalipun.

Sebelum memikirkan produksi, seorang pebisnis perlu melakukan riset pasar dan konsumen terlebih dahulu.

Baca Juga: Beberapa Peralatan Untuk Usaha Cucian Mobil yang Harus Dimiliki Sebelum Memulai Bisnis

Jika perlu, buatlah daftar perencanaan mengenai distribusi dan penjualan produk. Tentang siapa sasaran konsumennya, berapa harga yang ditawarkan, target penjualan, rencana cadangan jika tidak mencapai target, solusi saat terjadi kerugian, dan lain-lain.

2. Lakukan riset jenis ayam

Tidak hanya riset pasar, pebisnis juga harus melakukan riset untuk produknya, meliputi bahan baku, suplier, dan proses produksi.

Berhubung dalam hal ini adalah bisnis ayam petelur, maka perlu dilakukan riset jenis ayam yang baik, termasuk pertimbangan tentang harga, perawatan, dan risiko kematiannya.

Halaman:

Editor: Siti Juniafi Maulidiyah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x