Ini Pengertian Akuntansi Menurut Para Ahlinya, Simak Penjelasannya

- 9 November 2022, 21:46 WIB
Ini Pengertian Akuntansi Menurut Para Ahlinya, Simak Penjelasannya
Ini Pengertian Akuntansi Menurut Para Ahlinya, Simak Penjelasannya /pexels/oliadanilevich

INFOTEMANGGUNG.COM - Setiap orang memiliki pengertian akuntansi menurut pendapatnya. Begitu pula orang ahli terdapat pengertian akuntansi menurut para ahlinya.

Tidak ada perbedaan definisi hanya saja pemahaman dan tujuannya tetap sama. Yuk simak apa saja definisi akuntansi menurut para ahlinya yaitu: 

1. Warren 

Pengertian akuntansi menurut para ahlinya salah satunya yaitu Warren dkk. Warren dkk mengatakan jika akuntansi adalah sistem informasi yang membuat laporan keuangan harus diberikan kepada pihak yang membutuhkan terutama dalam ekonomi dan keadaan perusahaan. Pihak yang membutuhkan akuntansi seperti investor, manajemen dan lainnya. 

2. Suparto L

Suparwoto L mengungkapkan jika akuntansi adalah sistem maupun teknik yang dipergunakan sebagai pengukur dan pengelola transaksi keuangan dan berkewajiban melaporkan hasilnya dalam bentuk informasi untuk pihak internal dan eksternal perusahaan.

Baca Juga: Salah Satu Manfaat Laporan Keuangan untuk Calon Investor adalah Mendapatkan Informasi Penjualan, Simak Manfaat

Tentu pihak eksternal yang dimaksud meliputi investor, kreditur, pemerintah, serikat buruh dan lainnya. 

4. Soemarsono S.R

Soemarsono S.R menjadi ahli yang mengungkapkan pengertian akuntansi menurut para ahlinya. Pendapatnya mengatakan  jika akuntansi pasti terdapat proses untuk melakukan identifikasi, pengukuran dan pelaporan informasi ekonomi.

Tujuannya untuk melakukan penilaian dan membuat keputusan yang tepat bagi para pemakai informasi akuntansi. 

5. Paul Grady

Paul Grady mengungkapkan jika akuntansi menjadi tubuh dari ilmu pengetahuan. Adanya akuntansi juga menjadi fungsi organisasi secara sistematis, autentik dan masih original saat melakukan proses pencatatan sampai interprestasi semua transaksi.

Halaman:

Editor: Jati Kuncoro

Sumber: kuntansi.uma.ac.id


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x