Pengertian pada Apa Itu Tenor Pinjaman? Berikut Penjelasannya

- 20 September 2022, 21:07 WIB
Pengertian pada Apa Itu Tenor Pinjaman? Berikut Penjelasannya
Pengertian pada Apa Itu Tenor Pinjaman? Berikut Penjelasannya /Pixabay/niekverlaan

INFOTEMANGGUNG.COM - Apa Itu Tenor Pinjaman? Kadang muncul pertanyaan demikian jika saat membahas tentang suatu cicilan. Sebenarnya apa yang dimaksud dengan tenor itu sendiri?

Dalam KBBI, Tenor merupakan suatu jangka dalam waktu penyelesaian untuk cicilan yang sebelum jatuh tempo harus segera dilunasi.

Artinya untuk orang yang dalam hal ini disebut peminjam wajib membayarkan cicilan pada pelunasan kredit berdasarkan tenor yang telah disepakati oleh kedua pihak yang bersangkutan.

Baca Juga: Apa Itu Singa Pinjaman dan Fungsinya? Berikut Penjelasannya

Dalam bunga pinjaman, tenor memiliki peranan besar yang sangat berpengaruh. Dengan fungsinya tenor sebagai bentuk kesanggupan peminjam dalam melunasi besaran dari angsuran pada setiap bulannya

Sebagai contoh kasus, seorang individu mengajukan dana pinjaman tertentu dan tenor yang dipilih selama 12 bulan. Maka, jangka waktu tenor yang menentukan jumlah nominal yang harus dilunasi selama durasi berlangsung.

Tenor Dalam KPR

Kepanjangan dari KPR ialah Kredit Pemilikan Rumah, yakni sejenis kredit yang menggunakan sistem kredit bagi peminjam untuk membeli rumah.

Baca Juga: Ini Pinjaman Online Jambi yang Terbaik! Ada yang Tenor 60 Bulan

Umumnya bank akan menetapkan untuk dua suku bunga yang berbeda dengan KPR, yaitu Suku Bunga Tetap (Fixed rate) dan Suku Bunga Mengambang (Floating rate).

Halaman:

Editor: Septyna Feby


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x