Mengenal QRIS Bank Indonesia, Ketahui Karakteristik dan Manfaatnya

- 10 Juli 2022, 20:07 WIB
qris bank indonesia
qris bank indonesia /dok. Duitku/

INFOTEMANGGUNG.COM - QRIS atau Quick Response Code Indonesian Standard menjadi sistem transaksi pembayaran digital atau non tunai yang disediakan Penyelenggara Jasa Sistem Pembayaran melalui kode QR. 

Sesuai namanya, QRIS memiliki fungsi sebagai sistem pembayaran yang berstandar Bank Indonesia. Melalui QRIS Bank Indonesia, transaksi dapat dilakukan dengan mudah dan cepat menggunakan kode QR pada penyedia jasa pembayaran QRIS.

Berbagai pembayaran kini dapat dilakukan dengan e-money namun masih membutuhkan beberapa kode QR untuk setiap transaksi yang berbeda. 

Baca Juga: Langkah Pengajuan Kredit Perumahan Bank Mandiri dengan Mudah dan Cepat

Berbeda dengan e-money, QRIS Bank Indonesia dapat digunakan untuk semua transaksi hanya dengan satu kode QR. Untuk mengetahuinya lebih lanjut, simak semua ulasannya dibawah ini:

Karakteristik yang Dimiliki QRIS

Beberapa karakteristik yang dimiliki QRIS dapat menjadi bukti bahwa sistem pembayaran melalui kode QR bisa dilakukan dengan mudah. 

Karakteristik QRIS ini bertujuan untuk mewujudkan sebagai sistem pembayaran tercepat dan optimal. Berikut adalah beberapa karakteristik QRIS:

  • Gampang. Transaksi pembayaran QRIS dapat dilakukan dengan mudah, cukup lakukan satu kali pemindaian dengan aplikasi pada ponsel.
  • Universal. Transaksi dengan menggunakan QRIS hanya membutuhkan satu kode QR untuk transaksi apapun tanpa bantuan aplikasi pembayaran.
  • Langsung. Melalui QRIS, transaksi pembayaran dengan kode QR bisa langsung diproses saat itu juga.
  • Untung. Karena hanya memerlukan satu kode QR, pengguna dan merchant tidak harus melakukan adaptasi dengan tarif pembayaran yang berbeda.

Manfaat Transaksi Pembayaran Menggunakan QRIS

Melalui QRIS, merchant atau pemilik bisnis cukup menyediakan satu kode QR dan konsumen dapat melalui aplikasi yang mendukung pembayaran dengan metode kode QR.

Baca Juga: Cara Melaporkan Penipuan Online Ke Bank Btpn yang Benar agar Cepat Diproses

Halaman:

Editor: Siti Juniafi Maulidiyah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x