Asal Mula Bulu Tangkis, Benarkah Berasal dari Inggris?

- 29 Oktober 2022, 19:18 WIB
Ilustrasi bulu tangkis. Simak asal usul bulu tangkis
Ilustrasi bulu tangkis. Simak asal usul bulu tangkis /Pixabay/saif71/

INFOTEMANGGUNG.COM - Bulu tangkis sangat dekat di hati rakyat Indonesia. Di sekolah diajarkan asal mula bulu tangkis dari Inggris. Benarkah demikian?

Seluruh medali emas Olimpiade milik Indonesia semua berasal dari bulu tangkis, karena itu jenis olah raga ini sangat berkesan. Sekarang pun para pecinta olah raga ini mengarahkan pandangan ke berbagai turnamen.

Ada beberapa versi mengenai asal mula bulu tangkis. Tahukah kamu, permainan bulu tangkis ini pertama kali dilakukan sebagai bagian ritual upacara adat dan juga sebagai hiburan?

Baca Juga: Fakta Menawan Piala Dunia Qatar 2022 (Part I), Pertama Kali Dilangsungkan di Musim Dingin

Itu terjadi lebih dari dua ribu tahun lalu di Mesir, Tiongkok dan juga India. Saat itu sudah digunakan suatu benda sebagai objek untuk dipukul.

Tetapi memang belum ada alat yang dipakai untuk memukul. Orang Mesir Kuno dan Tiongkok memakai kaki untuk memukul benda itu.

Sejak abad pertengahan, warga Inggris kuno mulai memainkan permainan ini memakai dayung atau tongkat yang disebut Battledore.

Permainan ini dilakukan di seluruh pelosok kota. Mereka menangkis shuttle cock supaya tetap ada di udara dan jangan sampai jatuh ke tanah.

Zaman kolonial tiba, tentara Inggris membawa dan memopulerkan permainan ini ke Thailand, Tiongkok, Jepang dan India.

Bila ada yang mengatakan asal mula bulu tangkis berasal dari India, ini disebabkan olahraga dengan dayung tadi berubah jadi olahraga yang kompetitif di India. 

Halaman:

Editor: Rian Dwi Atmoko

Sumber: web.uvica.ca


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x