Mengenal Lebih Jauh Apa Itu Rumah Kayu Jepara, Fungsi, dan Keunggulannya

- 2 Oktober 2023, 16:38 WIB
Rumah Kayu Jepara
Rumah Kayu Jepara /rumahkayujepara.co.id/

INFOTEMANGGUNG.COM - Rumah kayu Jepara banyak digunakan dan populer sebagai rumah adat Jawa tengah. Pada zaman dahulu, rumah kayu yang disebut joglo biasanya menjadi tempat kediaman raja atau bangsawan. Hanya orang orang terhormat saja yang memiliki rumah joglo ini.

Pada dasarnya walaupun memiliki desain tradisional bukan berarti kuno. Akan tetapi sekarang sudah berbeda, banyak orang biasa yang sudah bisa memiliki dan menggunakan rumah kayu joglo.

Rumah Jepara dari kayu ini tentunya mempunyai banyak kelebihan dan mempunyai fungsi yang berbeda-beda. Rumah kayu seperti ini, memiliki makna filosofis yang terdapat pada setiap ruangannya. 

Apa Itu Rumah Jepara?

Rumah kayu Jepara atau yang disebut juga joglo Jepara merupakan salah satu jenis rumah tradisional jepara. Rumah kayu ini mencerminkan perpaduan akulturasi kebudayaan dari masyarakat jepara. Joglo Jepara adalah termasuk salah satu rumah adat yang menarik. 

Pada saat ini, jenis rumah Jepara yang dapat ditemukan sudah bervariasi, terutama jika ingin membandingkannya dengan fungsi, tampilan serta kelebihannya. Pada rumah joglo ini, variasi panggung menjadi konsep yang populer karena mempunyai ketinggian yang berbeda-beda.

Baca Juga: Aset Terbesarnya Adalah Tanah Bernilai 1 M Lebih, Ini Daftar Kekayaan PJ Bupati Gianyar I Dewa Tagel Wirasa 

Mengenal Rumah Kayu Jepara

Pada rumah kayu joglo Jepara terdapat tangga pada bagian tertentu, atau bagian tempat yang diinginkan. Tujuannya adalah untuk menuju pintu atau mengantarkan ke bagian teras.

Rumah Jepara ini masih menjadi tradisi masyarakat Indonesia. Bahkan tidak hanya tradisi, tetapi juga bermanfaat. 

Halaman:

Editor: Rian Dwi Atmoko

Sumber: berbagai sumber


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x