Teori Motivasi Konsumen Abraham Maslow dan Pembagian Hierarki Kebutuhan Konsumen

- 29 Desember 2022, 09:20 WIB
Teori Motivasi Konsumen Abraham Maslow
Teori Motivasi Konsumen Abraham Maslow /Youtube.com/ReadinginBest/

INFOTEMANGGUNG.COM – Artikel ini akan membahas tentang teori motivasi Abraham Maslow dan faktor yang mempengaruhi motivasi konsumen.

Teori motivasi Abraham Maslow merupakan teori hierarki kebutuhan manusia di bidang psikologi. Abraham Maslow adalah seorang tokoh psikologi humanistik. Maslow memaparkan prinsip-prinsip hierarki kebutuhan manusia di Jurnal Psychological Review pada 1943.

Baca Juga: Semakin Diminati, Inilah Daftar Harga Vespa Matic Tahun 2022

Abraham Maslow sang pencetus teori motivasi Maslow lahir pada tanggal 1 April 1908 di Kota New York, Amerika Serikat. Lebih tepatnya Abraham Maslow dilahirkan di Brooklyn dengan nama lengkap Abraham Harold Maslow.

Abraham Maslow dibesarkan di keluarga Yahudi Rusia dengan kedua orang tua yang tidak pernah menjalani pendidikan serta duduk dibangku sekolah. Semasa kecilnya, Abraham Maslow hidup di lingkungan tempat tinggal yang sebagian besar penduduknya adalah kaum non Yahudi.

Menurut Maslow, seorang manusia harus memenuhi kebutuhannya yang paling rendah, barulah naik ke jenjang lebih tinggi, dan seterusnya hingga ia bisa mengaktualisasikan dirinya. Kebutuhan adalah landasan motivasi segala perilaku manusia. Setiap tindakan yang kita lakukan merupakan pemenuhan kebutuhan yang harus dituntaskan.

Sebagai misal, alasan seseorang makan dan minum adalah karena ada kebutuhan fisiologis yang harus dipenuhi yaitu rasa lapar dan haus.

Teori motivasi Abraham Maslow pun membuat urutan hierarki kebutuhan manusia dimulai dari kebutuhan fisiologis (Physiological Needs), kebutuhan rasa aman (Safety/Security Needs), kebutuhan sosial (Social Needs), kebutuhan penghargaan (Esteem Needs), dan kebutuhan aktualisasi (Self-Actualization Needs).

  1. Kebutuhan Fisiologi (Physiological Needs)

Kebutuhan paling dasar manusia memiliki hubungan dengan kebutuhan tubuh setiap individu baik kebutuhan biologis maupun fisik. Kebutuhan yang sangat mendasar ini haruslah terlebih dahulu terpenuhi agar manusia dapat bertahan hidup dan melangkah ke tingkat kebutuhan selanjutnya.

Halaman:

Editor: Rian Dwi Atmoko

Sumber: gramedia.com


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x