Keuntungan Merger Bank Syariah Indonesia Bagi Nasabah dan Perbankan Syariah

- 10 Juli 2022, 18:38 WIB
Merger Bank Syariah Indonesia
Merger Bank Syariah Indonesia /Pixabay/Peggy_Marco.

INFOTEMANGGUNG.COM - Bank Syariah Indonesia (BSI) merupakan bank hasil penggabungan bank-bank BUMN syariah besar di Indonesia seperti Syariah Mandiri, kedua BRI Syariah, dan ketiga BNI Syariah. 

Bank Syariah yang memiliki logo berwarna hijau dengan bintang berwarna kuning. Kini mulai beroperasi tanggal 1 Februari 2021 jam 13.00 WIB dan diresmikan oleh presiden Indonesia. 

Lantas apakah penggabungan ketiga bank BUMN syariah ini membawa dampak baik? Berikut akan dibahas keuntungan merger Bank Syariah Indonesia bagi masyarakat dan perbankan syariah:

Keuntungan Bagi Nasabah

Tiga bank Syariah besar yang telah bergabung menjadi Bank Syariah Indonesia sebelumnya pasti  memiliki jumlah nasabah yang tidak sedikit. 

Baca Juga: Bagaimana Hukum Deposito di Bank Syariah? Begini Penjelasan Buya Yahya

Dengan mergernya bank-bank tersebut, nasabah-nasabah tersebut  kemudian akan mendapatkan dampak baik dalam menggunakan jasa perbankan. 

Berikut keuntungan merger Bank Syariah Indonesia bagi nasabah bank-bank Syariah sebelumnya:

  • Penyaluran dana yang lebih mudah. Penggabungan 3 bank syariah besar pada akhirnya akan memiliki dampak pada skala ekonomi perusahaan yang akhirnya menghasilkan modal keuangan yang lebih besar dan lebih efisien. Hal ini kemudian berdampak pada penyaluran dana maupun pinjaman. Bagi nasabah yang memiliki usaha pada berbagai segmen baik mikro, kecil, maupun menengah (UMKM).
  • Kemudahan akses mesin  ATM dan kantor cabang. Jika tiga bank bergabung menjadi satu maka kemudahan akses mesin ATM Dan Kantor Cabang tentunya menjadi tiga kali lipat lebih mudah. Misalnya, jika dalam satu wilayah terdapat tiga gedung dan mesin ATM dengan merek bank syariah yang berbeda. Maka kini dalam wilayah tersebut terdapat tiga pilihan gedung dan mesin ATM Bank Syariah Indonesia.
  • Produk dan pelayanan perbankan yang ditawarkan lebih variatif. Pelayanan Bank Syariah Indonesia akan menjadi tiga kali lebih lipat lebih unggul dengan biaya yang lebih murah tapi tetap menerapkan prinsip syariah. Hal pertama yang dapat diperhatikan adalah kini tak perlu lagi memusingkan biaya transfer antar bank Syariah karena semua  bank syariah kini menjadi satu dengan nama yang sama dan bebas biaya transfer.

Baca Juga: Cara Pinjam Uang Di Bank Syariah Tanpa Jaminan dengan Mudah

Keuntungan Bagi Perbankan Syariah

Layaknya penggabungan hal yang besar menjadi satu. Merger tiga bank syariah yang besar menjadi Bank Syariah Indonesia diharapkan menjadi solusi perbankan syariah yang lebih maju sehingga bisa sejajar dengan bank konvensional. Berikut keuntungan merger Bank Syariah Indonesia  bagi perbankan syariah di Indonesia:

Halaman:

Editor: Siti Juniafi Maulidiyah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x