Apa Itu Bisnis Multi Level Marketing? Ini Penjelasan dan Macam-Macam Jenisnya

- 7 Juli 2022, 15:06 WIB
apa itu bisnis multi level marketing
apa itu bisnis multi level marketing /MediaModifier/Pixabay

INFOTEMANGGUNG.COM - Saat ini sudah banyak berbagai macam ide bisnis. Setiap ide tersebut mempunyai karakteristik masing-masing. 

Multi Level Marketing menjadi salah satu konsep yang banyak digunakan. Lalu apa itu bisnis Multi Level Marketing serta apa saja kekurangan dan kelebihannya?

Multi Level Marketing

Dilihat dari namanya sudah bisa terlihat arti bisnis Multi Level Marketing. Kata Multi memiliki arti banyak, lalu kata Level berarti jenjang, dan Marketing yang memiliki arti pemasaran. Secara sederhana Multi Level Marketing memiliki arti sistem pemasaran berjenjang banyak.

Baca Juga: Beberapa Peralatan Untuk Usaha Cucian Mobil yang Harus Dimiliki Sebelum Memulai Bisnis

Penjelasan tentang apa itu bisnis Multi Level Marketing sebenarnya sangat beragam. Banyak ahli-ahli di bidang bisnis yang mengemukakan pendapat mereka tentang pengertian bisnis Multi Level Marketing. Berikut ini 2 arti Multi Level Marketing berdasarkan pendapat ahli:

1. Muslich

Pada tahun 2015 Muslich berpendapat bahwa MLM adalah sistem pemasaran bertingkat yang melibatkan pelanggan. Tidak hanya membeli produk, para pelanggan ini juga terlibat sebagai penjual.

2. Harefa

Menurut Harefa pada tahun 2000 Multi Level Marketing adalah sistem yang tidak membutuhkan biaya distribusi ataupun promosi. Hal itu dikarenakan semua biayanya sudah ditanggung oleh mitra dari Multi Level Marketing.

Berdasarkan pengertian di atas MLM akan memberikan keuntungan bagi konsumen atau pelanggan yang bergabung menjadi penjual.

Baca Juga: 7 Bisnis Rumahan yang Menguntungkan dan Layak Dicoba

Halaman:

Editor: Siti Juniafi Maulidiyah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x