Untuk Mengurangi Ketergantungan Gadget Pada Siswa, SMPN 6 Temanggung Gelar Karya Seni dan Budaya

- 18 Januari 2023, 21:23 WIB
Untuk Mengurangi Ketergantungan Gadget Pada Siswa, SMPN 6 Temanggung Gelar Karya Seni dan Budaya
Untuk Mengurangi Ketergantungan Gadget Pada Siswa, SMPN 6 Temanggung Gelar Karya Seni dan Budaya /Temanggungkab.go.id/

INFOTEMANGGUNG.COM - Sabtu, 14 Januari 2023, bertempat di Lapangan SMPN 6 Temanggung, SMP Negeri 6 Temanggung mengadakan kegiatan Gelar Karya Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dengan topik kearifan lokal yang bertema ‘Seni Budaya dan Kuliner Daerahku’.

Pada acara ini turut hadir, HM Al Khadziq selaku Bupati Temanggung, Agus Sudjarwo selaku Kepemudaan dan Olahraga, Saltiyono Atmadji selaku Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, Kepala Sekolah SMPN 6 beserta tamu undangan lainnya.

Baca Juga: SMAN 1 Parakan Resmi Menjadi Sekolah Budaya, Begini Harapan dari Bupati Temanggung

Pada era saat ini, harus diakui bahwa anak-anak sekarang lebih akrab dengan teknologi dan tidak lepas dengan gadgetnya, hal ini yang menyebabkan anak-anak menjadi malas bergerak, berolahraga dan kreatif. Oleh karena itu, adanya kegiatan ini adalah sebagai alternatif untuk kegiatan anak-anak dan remaja saat ini.

“Dengan penguatan seni tradisional, saya berharap anak-anak bisa lebih belajar berkesenian dan tampil dalam nuansa kesenian tradisional, karena kebetulan Temanggung ini sangat kuat dengan kesenian jarang kepang, hampir tiap desa mempunyai kesenian tersebut”, ujar Bupati.

Baca Juga: 100 Orang PPK Resmi Dilantik, Inilah Harapan Bupati Temanggung

Agar peserta didik bisa mengurangi ketergantungan terhadap gadget, Lembaga pendidikan seharusnya ikut dalam memperkuat karakter peserta didik dengan salah satunya adalah lewat dari kegiatan kesenian dan kebudayaan.

“Pemkab Temanggung sudah mulai merintis kegiatan jarang kepang di SD dan SMP, yang dilakukan dengan berbagai perlombaan dan dengan ekstrakurikuler tradisional. Harapannya adalah memiliki muatan lokal yang bernuansa kebudayaan lokal khas Kabupaten Temanggung, sehingga siswa-siswi memahami betul sebagai warga Temanggung mempunyai ciri khas kebudayaan tertentu”, tambah Bupati.

HM Al Khadziq berharap sekolah-sekolah mulai mengadopsi kegiatan yang memiliki unsur mencintai terhadap lingkungan hidup, hal ini bertujuan agar para siswa mempunyai tanggung jawab terhadap lingkungan hidup.

Halaman:

Editor: Septyna Feby

Sumber: temanggungkab.go.id


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah