Ini Negara dengan Gelar Juara Dunia Moto GP Terbanyak, Ternyata Bukan Spanyol

- 7 November 2022, 08:16 WIB
Negara dengan Gelar Juara Dunia Moto GP Terbanyak
Negara dengan Gelar Juara Dunia Moto GP Terbanyak /Twitter/@ducaticorse/

INFOTEMANGGUNG.COM - Baru saja Francesco Bagnaia dari Italia memenangkan gelar juara dunia MotoGP ke-21 bagi negaranya. Ini ternyata mengukuhkan negara asal Bagnaia sebagai negara dengan gelar juara dunia Moto GP terbanyak.

Walaupun perlombaan balap motor ini pertama kali diselenggarakan pada tahun 1949, kita bisa bilang bahwa Juara Moto GP pertama kali adalah Valentino Rossi dari Italia pada tahun 2002.

Mengapa demikian? Ini tidak terlepas dari kenyataan bahwa sebelum tahun 2002, lomba kebut-kebutan motor ini dikenal dengan nama GP500.

Baca Juga: Asal Mula Bulu Tangkis, Benarkah Berasal dari Inggris?

Juara dunia pertama pada tahun 1949 adalah Leslie Graham dari Inggris.

Perubahan nama disebabkan karena kapasitas total mesin. Dari 500 cc, sempat naik menjadi 990 cc, kembali ke 800 cc, dan pada akhirnya kapasitas mesin dinaikkan menjadi 1000 cc sejak tahun 2010 sampai sekarang.

Meskipun demikian jika kita berbicara tentang negara dengan gelar juara dunia Moto GP terbanyak, kita tetap menghitung juara mesin 500 cc. Inilah lima negara yang punya juara terbanyak:

1. Italia

Dengan tambahan satu lagi gelar yang baru saja dimenangkan oleh Francesco Bagnaia, Italia memenangkan total 21 gelar juara Moto GP. Ini mengukuhkan Italia sebagai negara dengan gelar juara dunia Moto GP terbanyak

Lima belas gelar diantaranya atau tiga perempat dari jumlah gelar, dipersembahkan dua orang rider: Giacomo Agostini dan Valentino Rossi, masing-masing dengan delapan dan tujuh gelar.

Halaman:

Editor: Rian Dwi Atmoko

Sumber: MotoGP.com


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x