Kunci Jawaban Modul 3.7 Permainan Berbasis Non Digital Kaya Numerasi Pelatihan PINTAR Kemenag

- 20 Mei 2024, 12:49 WIB
Kunci Jawaban Modul 3.7 Permainan Berbasis Non Digital Kaya Numerasi Pelatihan PINTAR Kemenag
Kunci Jawaban Modul 3.7 Permainan Berbasis Non Digital Kaya Numerasi Pelatihan PINTAR Kemenag /paxels.com/MART PRODUCTION/

INFOTEMANGGUNG.COM – Berikut inilah kunci jawaban modul 3.7 permainan berbasis non digital kaya numerasi pelatihan PINTAR Kemenag.

Kali ini kita akan membahas kunci jawaban modul 3.7 permainan berbasis non digital kaya numerasi pelatihan PINTAR Kemenag.

Yuk perhatikan kunci jawaban modul 3.7 permainan berbasis non digital kaya numerasi pelatihan PINTAR Kemenag ini.

Baca Juga: Kunci Jawaban Modul 3.6 Permainan Berbasis Digital Kaya Numerasi Pelatihan Numerasi PINTAR Kemenag

Soal 1

Pernyataan berikut yang tidak mendukung pernyataan numerasi adalah

A. Mencakup aplikasi konsep dan kaidah matematika dalam kehidupan nyata sehari-hari.
B. Numerasi erat hubungannya hanya dengan penerapan rumus.
C. Memiliki banyak cara penyelesaian
D. Berhubungan dengan faktor non matematis

Jawabannya:

B. Numerasi erat hubungannya hanya dengan penerapan rumus.

Soal 2

Berikut ini termasuk ke dalam kekurangan dari penggunaan alat matematika berbasis aplikasi pada ponsel pintar, kecuali

A. Apabila tidak didampingi oleh pendidik atau orang tua, maka sulit untuk mencegah iklan negatif atau kesalahan penggunaan pada ponsel pintar
B. Mendukung kemampuan digital di abad 21
C. Harga alat elektronik berbasis digital seperti timbangan elektrik dan thermometer tidak murah
D. Jika pendidik tidak mempelajari alat matematika berbasis elektronik terlebih dahulu, akan sulit bagi pendidik untuk menjelaskan kembali kepada peserta didik

Jawabannya:

B. Mendukung kemampuan digital di abad 21

Soal 3

Berikut merupakan contoh implementasi guru non-matematika dalam membelajarkan numerasi

A. Guru Seni Budaya mengajarkan gerakan tangan suatu tari daerah
B. Guru IPS mengarahkan peserta didik untuk memahami data penduduk di Indonesia dalam bentuk grafik
C. Guru IPA mengarahkan murid untuk memahami lapisan-lapisan pada bagian tanaman
D. Guru Bahasa Indonesia mengajarkan teknik membaca cepat pada peserta didik

Jawabannya:

B. Guru IPS mengarahkan peserta didik untuk memahami data penduduk di Indonesia dalam bentuk grafik

Soal 4

Salah satu jenis permainan berbasis digital yang memiliki nilai numerasi yang disebutkan dalam video adalah

A. Stumble Guys
B. Matific
C. Chrome
D. Canva

Jawabannya:

B. Matific

Soal 5

Berikut ini termasuk alat matematika berbasis elektronik, yaitu

A. Sempoa
B. Timbangan
C. Termometer
D. Penggaris

Jawabannya:

C. Termometer

Soal 6

Berikut merupakan alasan pentingnya numerasi harus dimiliki oleh setiap orang, kecuali...

A. Numerasi dapat membantu individu untuk menghadapi tantangan, perubahan, serta tuntutan di abad 21
B. Numerasi dapat meningkatkan kemampuan berhitung
C. Numerasi dapat membantu individu untuk memahami informasi yang berisi angka dan data
D. Numerasi dapat membantu individu dalam berpikir secara rasional, sistematis, dan kritis

Jawabannya:

B. Numerasi dapat meningkatkan kemampuan berhitung

Soal 7

Di bawah ini yang menjadi alasan mengapa pendidik harus mengadakan pembelajaran numerasi dengan permainan, kecuali

A. Meningkatkan kemampuan sosial peserta didik
B. Menumbuhkan kepercayaan diri peserta didik
C. Pembelajaran jadi lebih menyenangkan
D. Dapat langsung mempraktikkan teori dan konsep yang dipelajari di kelas

Jawabannya:

A. Meningkatkan kemampuan sosial peserta didik

Soal 8

Berikut merupakan alasan pentingnya nuemrasi harus dimiliki oleh setiap orang, kecuali

A. Numerasi dapat membantu individu untuk mengahadapi tantangan perubahan, serta tuntutan di abad 21
B. Numerasi dapat meningkatkan kemampuan berhitung
C. Numerasi dapat membantu untuk memahami informasi yang berisi angka dan data
D. Numerasi dapat membantu individu dalam berpikir secara rasional, sistematis dan kritis.

Jawabannya:

B. Numerasi dapat meningkatkan kemampuan berhitung

Soal 9

Berikut ini yang termasuk hal-hal yang harus diperhatikan sebelum melakukan pembelajaran numerasi dengan media permainan berbasis digital adalah

A. Memastikan apakah peserta didik dapat menggunakan perangkat
B. Memastikan tujuan dan konsep pembelajaran sebelum melakukan kegiatan permainan berbasis digital
C. Memberikan kebebasan pada peserta didik untuk memilih permainan yang akan dimainkannya
D. Mengetahui apakah peserta didik memiliki perangkat sendiri atau tidak

Jawabannya:

B. Memastikan tujuan dan konsep pembelajaran sebelum melakukan kegiatan permainan berbasis digital

Soal 10

Seorang anak sedang belajar memasak kue dan orangtuanya memastikan bahwa bahan-bahan yang digunakan untuk memasak sudah sesuai takarannya.

A. Ya, karena sang anak dapat belajar pengukuran massa untuk bahan-bahannya, serta belajar perbandingan, sehingga sang anak dapat berpikir secara nalar dan berpikir kritis.
B. Ya, karena orangtuanya dapat membelajarkan kemampuan berhitung.
C. Tidak, karena kemampuan numerasi tidak diperlukan dalam kehidupan sehari-hari.
D. Tidak, karena dalam proses belajar memasak sana anak hanya perlu meniru reseri vana ada.

Jawabannya:

A. Ya, karena sang anak dapat belajar pengukuran massa untuk bahan-bahannya, serta belajar perbandingan, sehingga sang anak dapat berpikir secara nalar dan berpikir kritis.

Baca Juga: Mengapa Ilmu Perilaku Diperlukan dalam Pelaksanaan Fungsi Aktuasi? Inilah Pembahasannya

Jadi, itulah kunci jawaban modul 3.7 permainan berbasis non digital kaya numerasi pelatihan PINTAR Kemenag.***

Disclaimer:

Kebenaran jawaban diatas tidak mutlak. Jawaban tersebut bersifat terbuka sehingga bisa dieksplorasi lagi lebih lanjut.

Editor: Siti Juniafi Maulidiyah

Sumber: PINTAR Kemenag


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah