25 Soal PembaTIK Level 2 Tahun 2023 Implementasi Soal Ujian Akhir PembaTIK Level 2 Wajib Bisa

- 24 Agustus 2023, 09:26 WIB
25 Soal PembaTIK Level 2 Tahun 2023 Implementasi Soal Ujian Akhir PembaTIK Level 2 Wajib Bisa
25 Soal PembaTIK Level 2 Tahun 2023 Implementasi Soal Ujian Akhir PembaTIK Level 2 Wajib Bisa /Pexels / Edward Jenner/

INFOTEMANGGUNG.COM - Para peserta PembaTIK level 2 Tahun 2023 berhasil memasuk tahap akhir yaitu Ujian Akhir PembaTIK Level 2 tahun 2023. Untuk pengetahuan dan pembelajaran, inilah 25 soal PembaTIK Level 2 tahun 2023 implementasi soal ujian akhir PembaTIK tahun 2023 level 2 yang para peserta wajib bisa.

 

25 soal PembaTIK Level 2 tahun 2023 implementasi soal ujian akhir PembaTIK adalah beberapa soal kegiatan PembaTIK level 2 ini dimulai pada 7 Agustus 2023, dan akan berakhir pada 23 Agustus 2023. Dua hari terakhir yaitu 22-23 Agustus menjadi masa akhir perjuangan bagi peserta yaitu untuk menyelesaikan Ujian Akhir.

Baca Juga: 60 Kunci Jawaban Pembatik Level 1 2023, Contoh Soal Ujian Akhir Pembatik Level 1, Ayo Dipelajari!

Pada 25 soal PembaTIK Level 2 tahun 2023 implementasi soal ujian akhir PembaTIK dipelajari beberapa modul yaitu:

-Modul 5 mengenai Optimalisasi Pemanfaatan TIK dalam Pembelajaran Abad 21
-Modul 6 mengenai Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Sumber Belajar Digital
-Modul 7 mengenai Pengelolaan Kelas Terintegrasi TIK dalam Pembelajaran
-Modul 8 mengenai Dasar-dasar Pengembangan Media Pembelajaran Berteknologi Digital

Untuk mengenjakan soal ujian PembaTIK2023, janagn lupa perhatikan 2 hal berikut ini:
1. Pastikan Anda mengerjakan formulir Ujian Akhir dengan menggunakan akun belajar.id yang Anda daftarkan di PembaTIK 2023
2. Peserta akan menerima paket soal yang berbeda;

25 Soal PembaTIK Level 2 Tahun 2023 Implementasi Soal Ujian Akhir PembaTIK Level 2 Wajib Bisa

Soal 1. Foreman adalah seorang ahli dalam bidang game-based learning, yaitu pembelajaran yang menggunakan game sebagai media utama.Menurut Foreman, ada beberapa prinsip yang harus diterapkan dalam sebuah game edukasi agar dapat memberikan pengalaman belajar yang optimal bagi siswa.

Prinsip-prinsip tersebut adalah:

A. Game Edukasi menyediakan lingkungan belajar yang potensial
B. Interaktif dan adaptif
C. Game edukasi harus memberikan kesempatan kepada siswa untuk berinteraksi dengan lingkungan, karakter, objek, atau elemen lainnya dalam game.
D. Game edukasi harus menyenangkan dan menantang
E. Semua benar

Jawaban E. Semua benar

Soal 2. Tujuan dari digitalisasi sekolah dalam konteks implementasi kurikulum merdeka ialah ...

A. Meningkatkan efisiensi pengelolaan sumber daya sekolah
B. Menyediakan akses internet gratis bagi siswa
C. Mengurangi peran guru dalam proses pembelajaran
D. Membuat sekolah terlihat lebih modern
E. Memperluas cakupan materi pembelajaran yang tersedia

Jawaban E. Memperluas cakupan materi pembelajaran yang tersedia.

Pembahasan:
Digitalisasi Sekolah ialah sebuah upaya dunia pendidikan di Indonesia untuk beradaptasi di era revolusi industri 4.0 yang sudah bersentuhan dengan internet of things (IOT) dan artificial intelligence (AI), diharapkan terwujud dengan semakin berkembangnya transformasi teknologi digital di dunia pendidikan, dapat meningkatkan kualitas kegiatan belajar mengajar.

Kemendikbud Ristek melakukan pula transformasi digital di dunia pendidikan melalui akun belajar.id, sebuah sistem yang disiapkan untuk mengakselerasi kualitas pendidikan. Pada akun belajar.id terdapat fasilitas Rumah Belajar untuk guru memperoleh materi pembelajaran dan inspirasi, pengalaman dan praktik baik dengan sesama guru dapat dibagikan di seluruh wilayah Indonesia.

Dengan Digitalisasi Sekolah, Guru dan siswa semakin mudah mengakses bahan ajar, membuat materi bahan ajar digital, membuat tes ujian harian secara bersama-sama, baik dilakukan di luar jaringan atau offline maupun dalam jaringan atau online.

Pada Program Sekolah Penggerak, juga diberikan intervensi untuk mempercepat Digitalisasi Sekolah dimana digitalisasi sekolah merupakan suatu intervensi dengan tujuan mendorong pengadaan layanan yang otomatis, cepat, serta terbuka.

Hal ini agar pendidikan berjalan beriringan dengan perkembangan di bidang teknologi dan informasi pada era digital ini. Digitalisasi sekolah bergerak dengan pemanfaatan macam-macam platform digital untuk meminimalisir kerumitan, meningkatkan efisiensi, memperluas inspirasi, serta menyesuaikan pendekatan-pendekatan yang ada.

Soal 3. Metode pembelajaran yang melibatkan rotasi peserta didik antara beberapa area pembelajaran yang berbeda di dalam kelas adalah...

A. Discovery Learning
B. Blended Learning
C. Station Rotation Learning
D. Hybrid Learning
E. Problem Based Learning

Jawaban: C. Station Rotation Learning.

Baca Juga: 15 Soal Pretest PembaTIK 2023 dan Jawabannya, Sukseskan Program Baru PembaTIK dan Kihajar STEM 2023

Soal 4. Berdasarkan Permendikbud Ristek Nomor 16 Tahun 2022 tentang Standar Proses yang tidak termasuk suasana belajar dalam pelaksanaan pembelajaran dalam implementasi kurikulum merdeka adalah ...

A. Pembelajaran Interaktif
B. Pembelajaran Kolaboratif
C. Pembelajaran Menyenangkan
D. Pembelajaran Menantang
E. Pembelajaran Inspiratif

Jawaban: B. Pembelajaran Kolaboratif.

Soal 5. Dalam ranah TPACK, domain yang terkait pengetahuan tentang teknologi digital dan pengetahuan mengenal proses dan strategi pembelajaran adalah ....

A. CK (Content Knowledge)
B. TCK (Technological Content Knowledge)
C. TPK (Technological Pedagogical Knowledge)
D. TK (Technological Knowledge)
E. PK (Pedagogical Knowledge)

Jawaban: C. TPK (Technological Pedagogical Knowledge).

Pembahasan Mengenai TPCK atau TPACK:
Pengetahuan (Knowledge/K) cara membelajarkan (Pedagogy/P) dan menguasai materi pembelajaran sesuai bidang (Content/C)) dikenal dengan istilah C. Pedagogy Content Knowledge (PCK).

Istilah PCK berkembang menjadi TPCK dimana “T” adalah teknologi. Guna memudahkan penyebutannya TPCK diubah menjadi TPACK.

Soal 6. Pengaruh positif yang diberikan lingkungan belajar dalam proses pembelajaran ialah ...

A. merangsang guru untuk mengaktifkan siswa
B. merangsang guru untuk meningkatkan kompetensi
C. merangsang siswa untuk memilih aktivitas pembelajaran
D. merangsang siswa untuk terlibat dalam proses pembelajaran

Jawaban: D

Soal 7. Perhatikan pernyataan berikut ini!

a). Efisiensi waktu dalam pelaksanaan pembelajaran
b). Menggantikan peran guru dan tenaga kependidikan
c). Mempermudah interaksi antarkomponen pembelajaran
d). Variasi media/strategi pembelajaran dapat memperkaya pengalaman belajar
e). Meningkatkan prestasi akademis dan pengembangan karakter secara komprehensif
f). Mempermudah peserta didik dalam memahami konsep abstrak dan rumit

Potensi Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam pembelajaran yang paling tepat adalah ...
A. a-b-d-e
B. a-d-e-f
C. a-c-d-f
D. b-d-e-f

Jawaban: C

Soal 8. Berikut ini yang bukan merupakan tujuan dimanfaatkannya TIK dalam pembelajaran, menurut UNESCO, adalah ...

A. meningkatkan kepekaan sosial dan individual
B. membangun kemampuan memecahkan masalah
C. mengembangkan keterampilan menggunakan TIK
D. meningkatkan efektivitas dan efisiensi proses pembelajaran

Jawaban: A

Soal 9. Sebagai salah satu lingkungan belajar, lab komputer dapat dikategorikan ke dalam komponen ...

A. skills
B. content
C. resources
D. learner support

Jawaban: C

Soal 10. Lingkungan belajar tidak hanya terkait aspek fisik, tetapi juga meliputi aspek psiko sosial yang memfasilitasi terjadinya interaksi

A. antarsiswa, siswa dengan guru, siswa dengan lingkungan ...
B. antarsiswa, siswa dengan media, siswa dengan lingkungan
C. siswa dengan guru, siswa dengan orangtua, siswa dengan media
D. siswa dengan media, siswa dengan orangtua, siswa dengan lingkungan

Jawaban: A

Soal 11. Elemen berikut ini yang bukan merupakan aspek yang dikelola dalam pengelolaan kelas adalah ...

A. persiapan bahan belajar
B. pengaturan ruang belajar
C. penetapan kemampuan siswa
D. penyiapan sarana dan alat peraga

Jawaban: C

Soal 12. Bentuk budaya menghargai (culture of respect) yang harus dimunculkan dalam kelas yang dikelola oleh seorang guru adalah ...

A. tertib dan teratur
B. motivasi dan pujian
C. diskusi dan kolaborasi
D. rutinitas dan kebiasaan baik

Jawaban:B

Soal 13. Ketika hendak mengintegrasikan TIK dalam pembelajaran, hal-hal yang harus dipertimbangkan adalah

A. kekinian teknologi, Rencana Pembelajaran, dan minat
B. karakteristik siswa, tujuan, dan lingkungan pembelajaran
C. keaktifan siswa, tujuan pembelajaran, dan kondisi sekolah
D. kondisi sekolah, kemampuan guru, dan kelengkapan fasilitas

Jawaban: B

Soal 14. Dalam pemanfaatan lab komputer, guru perlu melakukan beberapa hal:

a. verifikasi rasio jumlah siswa dengan jumlah komputer
b. berikan instruksi saat siswa sudah berada di lab komputer
c. evaluasi kelemahan yang terjadi saat pembelajaran di lab komputer
d. identifikasi aktivitas belajar yang bisa diintegrasikan dengan Lab Komputer
e. identifikasi keterampilan minimal siswa

Hal yang perlu dilakukan guru di awal, sebelum memanfaatkan Lab Komputer adalah

A. (a)-(b)-(c)
B. (a)-(c)-(e)
C. (a)-(d)-(e)
D. (b)-(c)-(d)

Jawaban: A

Soal 15. Kolaborasi selain sebagai sebuah keterampilan yang harus dikuasai, juga merupakan bentuk lingkungan belajar yang ditSahabati dengan :

(a) siswa belajar dalam kelompok kecil
(b) terjadinya transaksi dan interaksi antarguru
(c) struktur aktivitas pembelajaran yang spesifik
(d) aktivitas curah gagasan menjadi bagian penting
(e) upaya menyimpulkan hasil pembelajaran secara mandiri
(f) potensi individu dicurahkan untuk mendukung keberhasilan kelompok. Karakteristik pembelajaran kolaboratif yang tepat adalah ...

A. (a)-(b)-(d)-(e)
B. (a)-(c)-(d)-(f)
C. (a)-(c)-(d)-(e)
D. (a)-(d)-(e)-(f)

Jawaban: B

Soal 16. Lingkungan belajar dapat diartikan sebagai “laboratorium” yang idealnya memberi kesempatan siswa untuk bereksplorasi, bereksperimen, dan ...

A. mencoba hal baru yang sesuai dengan minat dan bakat
B. merancang masa depan melalui serangkaian aktivitas pembelajaran
C. mengimplementasikan rencana pembelajaran yang berpusat pada siswa
D. mengekspresikan diri untuk mendapatkan konsep serta keterampilan baru

Jawaban: D

Soal 17. Pengkondisian Lingkungan Belajar dalam pengelolaan kelas ditujukan untuk ...

A. mengimplementasikan kegiatan memanfaatkan teknologi
B. mendukung terciptanya aktivitas pembelajaran
C. memastikan prestasi belajar meningkat
D. memadukan beragam sumber belajar

Jawaban: B

Soal 18. Lingkungan belajar dapat memberikan pengaruh positif maupun negatif dalam proses pembelajaran. Contoh pengaruh positif yang diberikan lingkungan belajar dalam proses pembelajaran adalah menstimulasi:

A. siswa untuk menyesuaikan kecepatan belajar
B. siswa untuk aktif dalam proses pembelajaran
C. siswa untuk mensinkronkan keterampilan
D. siswa untuk menyiasati keterbatasan

Jawaban: B

Soal 19. Salah satu aspek yang harus diverifikasi ketika akan memanfaatkan lab komputer agar dapat menunjang kebutuhan proses pembelajaran adalah ...

A. rasio jumlah guru dengan jumlah siswa
B. rasio jumlah waktu dengan jumlah siswa
C. rasio jumlah siswa dengan kuantitas materi
D. rasio jumlah siswa dengan jumlah komputer

Jawaban: D

Soal 20. Bentuk budaya menghargai (culture of respect) yang harus dimunculkan dalam kelas yang dikelola oleh seorang guru adalah

A. memberi kesempatan siswa untuk berpendapat
B. memastikan kelas dikelola dengan tertib dan teratur
C. mengelola pembelajaran sesuai jadwal yang ditetapkan
D. memeliharan rutinitas dan kebiasaan baik yang ada di kelas

Jawaban: A

Soal 21. Amati pernyataan berikut:

(a) siswa belajar dalam kelompok kecil
(b) terjadinya transaksi dan interaksi antarguru
(c) struktur aktivitas pembelajaran yang spesifik
(d) aktivitas curah gagasan menjadi bagian penting
(e) upaya menyimpulkan hasil pembelajaran secara mandiri
(f) potensi individu dicurahkan untuk mendukung keberhasilan kelompok

Karakteristik pembelajaran kolaboratif yang tepat adalah
A. (a)-(b)-(d)-(e)
B. (a)-(b)-(e)-(f)
C. (a)-(c)-(d)-(e)
D. (a)-(c)-(d)-(f)

Jawaban: D

Soal 22. Pengelompokan siswa dalam memanfaatkan TIK dalam pembelajaran dapat dilakukan melalui beberapa alternatif, seperti ...

A. individual, kasikal, atau mandiri
B. klasikal, individual, atau kelompok
C. individual, mandiri, atau kelompok
D. klasikal, kolaborasi, atau terpimpin

Jawaban: B

Soal 23. Agar proses pembelajaran berjalan dengan baik dan tujuan kurikuler dapat tercapai maka perlu dilakukan ...

A. penetapan tujuan
B. pengelolaan kelas
C. pengaturan strategi
D. pemberian umpan balik

Jawaban: B

Baca Juga: Kunci Jawaban TIK / Informatika Kelas 8 Halaman 44 Kurikulum Merdeka Aktivitas BK-K8-05-U Basis Desimal Oktal

Soal 24. Amati pernyataan berikut:

a. mendorong pemanfaatan TIK untuk seluruh materi pembelajaran sebagai wujud keterbukaan atas kemajuan.
b. memberikan ruang dan waktu yang cukup bagi guru untuk memfasilitasi proses belajar berpusat pada siswa.
c. menciptakan situasi belajar yang menyenangkan bagi siswa untuk berada di dalam komunitas pembelajaran.
d. memberikan rasa nyaman bagi siswa untuk berada di dalamnya dan melakukan aktivitas pembelajaran.
e. mewujudkan daya saing antara sesama guru untuk menerapkan sebanyak-banyaknya model pembelajaran.

Dampak positif yang timbul dari pengelolaan kelas yang tepat adalah
A. (a)-(b)-(c)
B. (a)-(c)-(d)
C. (b)-(c)-(d)
D. (b)-(c)-(e)

Jawaban: C

Soal 25. Pengelolaan kelas dengan menggunakan aplikasi tertentu saat ini semakin dinamis dan berkembang pesat, salah satu manfaatnya adalah ...

A. mendata kesulitan yang dimiliki siswa dan mengecek minat siswa
B. mengelola data pembelajaran dan merekam proses pembelajaran
C. memaknai pembelajaran sebagai proses internalisasi nila-nilai baik
D. mengontrol berbagai aktivitas pembelajaran dan melakukan penilaian

Jawaban: C

Demikian tadi 25 soal PembaTIK Level 2 tahun 2023 implementasi soal ujian akhir PembaTIK. Semoga bermanfaat.***

Disclaimer:
Jawaban di atas bersifat terbuka bisa dieksplorasi lagi lebih lanjut.
Kebenaran dari jawaban tidak bersifat mutlak.

Editor: Mariyani Soetrisno

Sumber: Berbagai Sumber


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah