Jika Menggunakan Kategori Budaya Politik Almond dan Powell Selama Kurun Waktu Tahun 2004 Hingga 2019 Indonesia

- 5 Juli 2023, 08:39 WIB
Jika Menggunakan Kategori Budaya Politik Almond dan Powell selama Kurun Waktu Tahun 2004 hingga 2019 Indonesia
Jika Menggunakan Kategori Budaya Politik Almond dan Powell selama Kurun Waktu Tahun 2004 hingga 2019 Indonesia /pexels.com/rosemary ketchum/

INFOTEMANGGUNG.COM - Jika menggunakan kategori budaya politik almond dan powell, selama kurun waktu tahun 2004 hingga 2019, Indonesia berada pada kategori budaya politik yang mana? Jelaskan tentang budaya politik tersebut.

Sebelum kita membahas tentang kategori budaya politik Indonesia, akan dijelaskan lebih dulu hal-hal yang terkait.

Politik merujuk pada proses, kegiatan, dan studi mengenai distribusi kekuasaan, pengambilan keputusan, dan hubungan antara individu, kelompok, atau entitas dalam suatu sistem yang mencakup negara, pemerintahan, dan masyarakat. 

Politik melibatkan berbagai aspek seperti ideologi, kebijakan publik, organisasi politik, proses pemilihan, diplomasi, dan interaksi sosial.

Baca Juga: Filosofi Pancasila Sebagai Sistem Filsafat Dalam Kehidupan Politik

Secara umum, politik berfungsi untuk mengatur kehidupan masyarakat, menentukan kebijakan publik, dan mempengaruhi pembagian sumber daya dan kekuasaan. 

Tujuan politik dapat beragam, mulai dari mempertahankan stabilitas sosial dan keamanan, menciptakan keadilan, mempromosikan kesejahteraan ekonomi, hingga menjaga kebebasan individu dan hak asasi manusia.

Secara keseluruhan, politik adalah fenomena kompleks yang melibatkan interaksi antara individu, kelompok, dan institusi dalam mencapai tujuan dan mempengaruhi arah pembangunan suatu masyarakat.

Sedangkan budaya politik, mengacu pada norma-norma, nilai-nilai, keyakinan, dan perilaku yang berkaitan dengan politik dalam suatu masyarakat atau kelompok tertentu. 

Halaman:

Editor: Kun Daniel Chandra

Sumber: Berbagai Sumber


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x