Program Wirausaha Merdeka Targetkan 12.000 Peserta di Tahun 2023, Perguruan Tinggi Mulai Bersiap

- 29 Maret 2023, 22:36 WIB
Program Wirausaha Merdeka Targetkan 12.000 Peserta di Tahun 2023
Program Wirausaha Merdeka Targetkan 12.000 Peserta di Tahun 2023 /kemdikbud.go.id/

INFOTEMANGGUNG.COM - Saat ini, Program Wirausaha Merdeka tengah membuka pendaftaran untuk Perguruan Tinggi Pelaksana angkatan kedua. Tahun ini, program tersebut bertujuan untuk melibatkan sebanyak 12 ribu mahasiswa.

Guna menarik minat perguruan tinggi dan pemangku kepentingan lainnya untuk ikut serta, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) telah mengadakan Soft Launching Program Wirausaha Merdeka Tahun 2023 secara online pada hari Jumat, 24 Maret 2023. Acara ini dihadiri oleh perguruan tinggi yang tergabung dalam LLDIKTI Wilayah II, VIII, IX, X, XI, XII, XV, dan XVI.

Baca Juga: CEK NAMA! Inilah Penerima KIP Kuliah 2023 yang Lolos Seleksi SNBP 2023, Siap Kuliah di PTN

“Kolaborasi dengan seluruh mitra untuk menjadi mentor pendamping adik-adik mahasiswa dalam membangun kewirausahaannya sangatlah penting dan perlu terus diperkuat sehingga pengalaman dari para praktisi dan para pakar akan tertransfer dan menjadi inspirasi bagi adik-adik mahasiswa untuk mewujudkan cita-citanya,” terang Nizam, Pelaksana Tugas Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi.

Program Wirausaha Merdeka merupakan salah satu program utama dalam kerangka kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk mempelajari kewirausahaan selama satu semester di Perguruan Tinggi Pelaksana yang telah dipilih.

Program ini telah diluncurkan untuk pertama kalinya pada tahun 2022 sebagai sarana untuk meningkatkan kemampuan dan kompetensi dasar di bidang kewirausahaan mahasiswa, meningkatkan keterampilan kerja dan pengalaman berwirausaha mereka, dan mempersiapkan lulusan perguruan tinggi untuk memulai usaha mereka sendiri.

Diharapkan bahwa program ini akan meningkatkan jumlah wirausaha di Indonesia dan mengurangi tingkat pengangguran di kalangan lulusan perguruan tinggi.

Halaman:

Editor: Siti Juniafi Maulidiyah

Sumber: kemdikbud.go.id


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x