Bagaimana Mekanisme Penggunaan Kartu Debit yang Menggunakan PIN?

- 24 Februari 2023, 15:05 WIB
Bagaimana Mekanisme Penggunaan Kartu Debit yang Menggunakan PIN?
Bagaimana Mekanisme Penggunaan Kartu Debit yang Menggunakan PIN? /Pexels.com/Pixabay/

INFOTEMANGGUNG.COM -  Kartu ATM adalah alat pembayaran menggunakan kartu yang dapat digunakan untuk melakukan penarikan tunai dan/atau pemindahan dana dimana kewajiban pemegang kartu dipenuhi seketika dengan mengurangi secara langsung simpanan pemegang kartu pada Bank atau Lembaga Selain bank yang berwenang untuk menghimpun dana sesuai ketentuan perundang-undangan yang berlaku.

Sementara itu, Kartu Debit adalah pembayaran dengan menggunakan kartu yang dapat digunakan untuk melakukan pembayaran atas kewajiban yang timbul dari suatu kegiatan ekonomi, termasuk transaksi pembelanjaan, dimana kewajiban pemegang kartu dipenuhi seketika dengan mengurangi secara langsung simpanan pemegang kartu pada bank atau Lembaga Selain Bank yang berwenang untuk menghimpun dana sesuai ketentuan perundang-undangan yang berlaku.

Bagaimana mekanisme penggunaan kartu debit yang menggunakan pin?

Baca Juga: Cara Isi Saldo Shopeepay Lewat ATM BCA, M Banking BCA, dan Klik BCA Mudah

  • Kartu Debit yang Anda serahkan ke kasir akan diproses dengan cara menggesekan kartu ke mesin EDC. Setelah digesek, kasir akan meminta pengguna untuk mengisi PIN pada mesin EDC. Apabila PIN pengguna benar, akan terjadi proses online untuk verifikasi data dan kecukupan saldo pemegang kartu yang ada pada database server penerbit kartu.
  • Setelah proses verifikasi selesai, mesin EDC akan mengeluarkan bukti transaksi yang akan ditandatangani oleh pemegang kartu yang melakukan transaksi.
  • Transaksi selesai.

Selain itu, juga terdapat manfaat menggunakan kartu debit, yaitu:

Baca Juga: Inilah Cara Mengetahui PIN ATM yang Lupa Tanpa ke Bank dengan Mudah

  1. Memberikan kemudahan dan kecepatan bertransaksi via ATM untuk penarikan tunai, transfer antar rekening dan/atau antarbank.
  2. Selain itu khusus untuk Kartu Debit, memberikan kemudahan melakukan transaksi berbelanja tanpa perlu membawa uang tunai.

Demikian pembahasan bagaimana mekanisme penggunaan kartu debit yang menggunakan PIN. Semoga membantu.***

Editor: Septyna Feby

Sumber: bi.go.id


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x