Jobseekers, Berikut Hal Yang Ditanyakan saat Wawancara Kerja

- 29 Januari 2023, 10:06 WIB
Jobseekers, Berikut Hal Yang Ditanyakan saat Wawancara Kerja
Jobseekers, Berikut Hal Yang Ditanyakan saat Wawancara Kerja /Rifania Aura Nuzula

INFOTEMANGGUNG.COM – Dalam memenui kebutuhan hidup, manusia perlu bekerja. Banyak ragam jenis pekerjaan yang bisa dilakukan. Untuk bisa mendapatkan sebuah pekerjaan, terutama sebagai karyawan perusahaan BUMN maupun swasta, tedapat beberapa proses yang harus dilalui.

Salah satunya adalah proses wawancara kerja atau Interview. Tahap ini bisa dilaksanakan setelah para calon karyawan lulus pada tahapan psikotes atau dilakukan lebih awal sesuai kebijakan dan prosedur perekrutan masing- masing perusahaan.

Umumnya, wawancara kerja juga dilaksanakan dengan dua tahapan, tahap pertama yaitu Interview dengan human capital devision (HRD). Dalam tahap ini, wawancara membahas seputar daftar riwayat hidup atau curriculum vitae.

Baca Juga: Kunci Jawaban Tema 6 Kelas 5 Halaman 194, Mengamati Masalah Sosial dan Cara Mengatasinya

Sedangkan tahap kedua adalah Interview dengan user atau para dewan direksi perusahaan tersebut yang membahas hal yang lebih fundamental mencakup posisi dan pengetahuan anda terhadap perusahaan yang anda lamar.

Menurut penelitian,  kurangnya persiapan dan rasa remeh terhadap Interview menjadi salah satu faktor seorang calon karyawan tidak bisa melanjutkan tahapan berikutnya.

Maka dari itu, sebelum Anda mengikuti Interview, anda perlu mempersiapkan diri agar mendapatkan hasil yang sesuai harapan. Berikut beberapa pertanyaan yang ditanyakan saat wawancara kerja:

  1. Coba ceritakan tentang diri anda

Anda bisa menceritakan tentang diri anda, tetapi bukan kisah hidup anda. Coba berikan penjelasan singkat seperti pendidikan, target jabatan yang ingin dicapai, pengalaman pada bidang pekerjaan yang anda lamar dan latar belakang pendidikan yang berhubungan dengan posisi yang anda inginkan.

Contoh: Latar belakang pendidikan telah mempersiapkan diri saya untuk menjadi konsultan periklanan yang terbaik yang pernah ada. Akan saya ceritakan secara rinci bagaimana saya mempersiapkan diri saya.

Halaman:

Editor: Septyna Feby

Sumber: Berbagai Sumber


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x