Sukseskan Bisnis Anda dengan Metode Analisis SWOT, Simak Penjelasannya di Sini

- 31 Januari 2023, 10:23 WIB
Sukseskan Bisnis Anda dengan Metode Analisis SWOT, Simak Penjelasannya di Sini
Sukseskan Bisnis Anda dengan Metode Analisis SWOT, Simak Penjelasannya di Sini /Pexels.com / fauxels/

 

INFOTEMANGGUNG.COM – Analisis SWOT merupakan singkatan dari Strength, Weakness, Opportunities, Threats.

Dalam berbisnis tentu saja terdapat perencanaan yang perlu melakukan riset sebelum memulainya. Mulai dari mencari tahu apakah bisnis tersebut memiliki peluang yang menjanjikan, hingga seberapa besar kekuatan bisnis yang berjalan.

Dari perencanaan dan riset yang dijelaskan kalimat diatas, terdapat istilah analisis SWOT sebagai penyebutan atas strategi dalam bidang bisnis. Apa itu analisis SWOT? Mari simak penjelasannya di bawah ini.

Baca Juga: Tahun Baru Usaha Baru, Berikut 5 Ide Usaha Menghasilkan Cuan di Tahun 2023

Pengertian Analisis SWOT

Analisis SWOT adalah teknik menganalisa dan perencanaan suatu proyek yang memiliki manfaat bagi seseorang sebelum memulai bisnis. SWOT adalah akronim dari Strength (kekuatan), Weakness (kelemahan), Opportunities (peluang), Threats (ancaman) yang masing-masing terdapat penjelasannya.

Dengan melakukan metode ini, para pebisnis memiliki keuntungan dalam mencapai tujuan bisnisnya. Sehingga dari setiap aspek yang diidentifikasi tersebut dapat dilakukannya pertimbangan yang matang sebelum di realisasikan.

Diperkenalkan pertama kali oleh Albert S. Humphrey, seorang tokoh yang melakukan sebuah proyek penelitian di Stanford Research Institute pada tahun 1960.

Sejak saat itulah analisis SWOT dikenal oleh kalangan luas, terkhusus yang memiliki bisnis dan perusahaan masing-masing. Hal itu dikembangkan seiring perkembangan zaman dengan memanfaatkan teknik ini untuk berkembangnya perusahaan mereka.

Komponen SWOT

Strengths

Strengths yang berarti kekuatan, memiliki makna seberapa kuat bisnis dibuat. Hal itu meliputi keunggulan, seberapa kuat persaingan bersama kompetitor, dan keunikan yang dimiliki perusahaan.

Halaman:

Editor: Kun Daniel Chandra

Sumber: Berbagai Sumber


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x