Mengenal Apa Itu Literasi Keuangan, Ini 4 Aspek Utama Menurut Chen dan Volpe

- 4 November 2022, 08:20 WIB
Mengenal Apa Itu Literasi Keuangan, Ini 4 Aspek Utama Menurut Chen dan Volpe
Mengenal Apa Itu Literasi Keuangan, Ini 4 Aspek Utama Menurut Chen dan Volpe /pexels/Kuncheek

INFOTEMANGGUNG.COM - Literasi keuangan merupakan aspek yang berguna bagi masyarakat modern yang memanfaatkan uang atau hal-hal finansial dalam kehidupan sehari-harinya.

Secara kasusnya, untuk mencapai kekayaan atau pemenuhan kebutuhan seseorang perlu memiliki pengetahuan untuk mengelolanya.

Literasi keuangan ini patutnya menjadi aspek penting untuk seseorang, karena setiap masyarakat merupakan pelaku ekonomi bahkan beberapa buku anak tentang literasi keuangan sudah banyak diterbitkan.

Apa Itu Literasi Keuangan?

Financial literacy atau disebut juga literasi keuangan adalah suatu kegiatan atau suatu proses aktivitas dalam menambah pengetahuan, keterampilan, dan keyakinan tentang pengelolaan uang atau hal-hal finansial lain.

Baca Juga: Mudahnya Cara Daftar Kredivo Melalui Gadget, Ini Langkah Cepatnya!

Beberapa ahli berpendapat, salah satunya Marunung (2009) menjelaskan bahwa literasi keuangan yaitu semua hal yang menyangkut seperangkat pengetahuan masyarakat dalam pengambilan keputusan dan kebijakan yang efektif untuk memanfaatkan seluruh sumber daya keuangan yang dimiliki.

Literasi keuangan, menurut Vitt et al. (2000) merupakan kemampuan seseorang membaca, menganalisis, mengelola, dan berkomunikasi mengenai keadaan keuangan pribadinya yang akan berpengaruh pada kesejahteraan material.

Pendapat lama mengenai literasi keuangan juga pernah disebutkan oleh Chen dan Volpe (1998) literasi keuangan adalah sebagai kemampuan mengelola keuangan agar hidup lebih sejahtera di masa yang akan datang.

Baca Juga: Bukan Cuma KUR BRI, Ini Rekomendasi KUR untuk UMKM yang Persyaratannya Mudah!

Halaman:

Editor: Jati Kuncoro

Sumber: ojk.co.id


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x