Konsep Strategi Pemasaran 4P dan Penerapannya Dalam Bisnis, Marketer Wajib Tahu!

- 3 November 2022, 21:07 WIB
Konsep Strategi Pemasaran 4P dan Penerapannya Dalam Bisnis
Konsep Strategi Pemasaran 4P dan Penerapannya Dalam Bisnis /pexels.com/fauxels

INFOTEMANGGUNG.COM - Dalam bidang marketing terdapat konsep terkenal yang disebut strategi pemasaran 4P.

Strategi pemasaran 4P biasanya juga dikenal sebagai marketing mix.

Strategi pemasaran 4P adalah tools yang dapat membantu Anda menawarkan produk yang tepat di tempat yang tepat di waktu yang tepat dan dengan harga yang tepat.

Baca Juga: Beberapa Ide Bisnis Sampingan Karyawan, Bisa Dapat Cuan Lebih Banyak!

Pada artikel ini akan dijelaskan secara lengkap tentang konsep strategi pemasaran 4P yang harus diketahui pelaku bisnis khususnya tim marketing.

Elemen 4P

Strategi pemasaran 4P terdiri atas Product, Place, Price, dan Promotion. Berikut ini adalah penjabaran 4P secara lengkap yaitu :

  1. Product
    Anda harus memiliki produk yang dapat menjawab kebutuhan pelanggan. Pembuatan produk harus memperhatikan fitur, branding, kemasan, dan jaminan kerusakan bila ada.
  2. Place
    Elemen place adalah saatnya Anda menentukan dimana dan bagaimana pelanggan bisa membeli produk Anda. Selain tempat transaksi, elemen place juga berarti bagaimana Anda menyimpan dan mengatur stok persediaan produk yang akan dijual kepada pelanggan.
  3. Price
    Anda harus menentukan dengan cermat harga jual produk Anda agar nanti tidak terlalu mahal atau terlalu murah dari sudut pandang pelanggan. Jika terlalu mahal, maka produk tidak akan terjual dengan baik. Sebaliknya kalau terlalu murah akan ada banyak spekulasi terkait produk dan juga akan menyebabkan kerugian.
  4. Promotion
    Promosi dilakukan untuk memberitahukan tentang keberadaan produk kepada para pelanggan. Pada elemen ini Anda akan merencanakan tentang bagaimana, dimana, dan kapan kegiatan promosi berlangsung.

Baca Juga: Jangan Asal-asalan Bisnis Kopi Kekinian, Ketahui Strategi, Tren Susksesnya

Cara Menerapkan Konsep Strategi Pemasaran 4P

Halaman:

Editor: Rian Dwi Atmoko

Sumber: Youtube EPM Channel


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x